SUARA INDONESIA

Bantuan BPNT dan PKH Turut Naikan Tingkat Inklusi Keuangan di Tuban 70 Persen

Achmad Junaidi - 22 April 2021 | 15:04
Peristiwa Daerah Bantuan BPNT dan PKH Turut Naikan Tingkat Inklusi Keuangan di Tuban 70 Persen

TUBAN - Bantuan sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) di Tuban sudah bertransformasi ke sistem perbankan. Dimana cara ini dinilai bisa mempercepat inklusi keuangan masyarakat yang selama ini tidak pernah bersinggungan dengan perbankan.

Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Tuban, Santoso mengatakan, penyaluran bantuan Bantuan Non Tunai (BPNT), Bantuan Langsung Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH) ini mendorong inklusi keuangan hingga 70 persen bagi masyarakat Tuban yang rentan yang sebelumnya belum mempunyai akses perbankan.

"Jika di persentase inklusi keuangan di Tuban naik 70 persen, bagi masyarakat yang sebelumnya masih awam dengan perbankan. Sekarang bisa mengakses perbankan yang kebetulan di Tuban ini bekerjasama dengan Bank BNI," jelas Santoso kepada suaraindonesia.co.id, Kamis, (22/04/2021).

Santoso, lanjut dia, melalui program yang sifat pencairannya melalui akses perbankan ini diharapkan membantu pemerintah dalam literasi keuangan maupun perbankan kepada masyarakat. 

"Kami terus melakukan edukasi kepada keluarga penerima manfaat (KPM) melalui pendamping BNPT, PKH yang merupakan kepanjangan tangan dari Dinsos. Ini merupakan kewajiban kami untuk terus mengedukasi untuk pengambilan bantuan tersebut," katanya.

Selain itu, KPM saat ini sudah mulai terbiasa dengan aktivitas perbankan. Bahkan mereka juga sedikit menabung dari uang bantuan tersebut. 

"Masyarakat sudah terbiasa dengan perbankan, baik dengan agen BNI 46 ataupun langsung ATM BNI terdekat," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein menyampaikan kepada suaraindonesia.co.id, bahwa hadirnya Himpunan Bank Negara (Himbara) di tengah-tengah masyarakat bisa membantu untuk penguatan literasi perbankan.

"Hadirnya bank BNI yang merupakan bank Himbara, selain bisa memberikan pemahaman perbankan. Bisa juga menjadi solusi keuangan masyarakat," pungkasnya. (Irq/Nang). 

Pewarta : Achmad Junaidi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV