SUARA INDONESIA

Hari Ini, 6.600 Siswa SD di Purworejo Ikuti Ujian Sekolah

Widiarto - 26 April 2021 | 09:04
Peristiwa Daerah Hari Ini, 6.600 Siswa SD di Purworejo Ikuti Ujian Sekolah

PURWOREJO-Sekitar 6.600 siswa Sekolah Dasar (SD) dari 499 SD yang ada di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengikuti ujian sekolah, yaitu ujian pengganti Ujian Nasional (UN) yang ditiadakan oleh pemerintah karena masa pandemi covid -19.

Ujian sekolah diselenggarakan selama tiga kedepan mulai hari ini, Senin (26/4/2021) hingga Rabu (28/4/2021).

"Sesuai dengan surat edaran dari Mendikbud no 1 tahun 2021, tahun ini tidak ada Ujian Nasional (UN) atau ujian kesetaraan, namun sekolah boleh menyelenggarakan Ujian Sekolah," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, Senin (26/4/2021).

Disebutkan, ada tiga jenis mata pelajaran yang diujikan dalam ujian utama Ujian Sekolah ini, yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Materi ujianpun diambil dari materi pelajaran kelas 6 sejumlah 60 persen dan sebagian materi kelas 5 dan 4 disesuaikan dengan materi kondisi saat ini yaitu kondisi pandemi covid -19.

"Untuk soal dan penilaian semua dari sekolah masing-masing yang menyelenggarakan Ujian Sekolah dengan standar yang telah ditentukan atau disepakati bersama," katanya.

Pihaknya menghimbau kepada orang tua dan siswa yang mengikuti Ujian Sekolah, untuk senantiasa menjaga kondisi kesehatan selama mengikuti ujian sekolah. Rencana hasil ujian sekolah itu akan diumumkan pada tanggal 15 Juni 2021 mendatang.

"Jaga imun tubuh, karena jika kondisi tubuh sehat dan bagus akan fokus dalam belajarnya dan bisa nengikuti ujian dengan baik, dan bagi sekolah yang melaksanakan ujian sekolah untuk melaksanakan ujian dengan protokol kesehatan," pungkasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya