SUARA INDONESIA

Tolak Kerusuhan, Warga Desa Wadas Purworejo Pasang Spanduk

Widiarto - 28 April 2021 | 14:04 - Dibaca 1.67k kali
Peristiwa Daerah Tolak Kerusuhan, Warga Desa Wadas Purworejo Pasang Spanduk
Spanduk penolakan rusuh yang dipasang oleh warga Desa Wadas

PURWOREJO - Warga Desa Wadas Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah, yang tergabung dalam kelompok Masyarakat Terdampak Desa Wadas (Matadewa), memasang puluhan spanduk.

Spanduk tersebut bertuliskan penolakan warga asing atau warga luar Desa Wadas untuk masuk di Desa Wadas 

Sabar Ketua kelompok Matadewa, mengatakan, pemasangan spanduk dilakukan warga dengan niatan sebagai penggambaran bahwa warga Desa Wadas cinta damai, tidak ingin ada yang anarkis.

"Yang pro punya hak dan yang kontra juga punya hak, jangan dipaksa untuk menolak atau menerima, karena ini negara demokrasi," kata Sabar saat bertemu wartawan, Rabu (28/4/2021).

Disampaikannya, warga menginginkan ada dialog untuk menyelesaikan masalah itu, dengan duduk bersama diharapkan ada solusi yang baik untuk menyelesaikan persoalan itu.

"Secara langsung sudah tidak ada intimidasi," ucapnya.

Namun demikian lanjutnya, saat menyebar undangan sosialisasi masih ada beberapa warga yang merasa ketakutan. Menurutnya, setuju atau tidak setuju seharusnya tetap datang dalam acara sosialisasi untuk berdiskusi bersama.

"Kami akan meminta bantuan kepada pihak keamanan jika ada peristiwa kegaduhan lagi," ujarnya.

Diakui, dirinya sudah pernah mengajak ketua Gempadewa untuk diajak berembug secara damai soal apa yang diinginkan agar ada titik temu, akan tetapi tidak mendapat respon tindakan yang menuju ke diskusi.

"Sebenarnya yang setuju banyak akan tetapi takut untuk menunjukkan suara mereka jika mereka setuju," jelasnya.

Pihaknya berharap Desa Wadas tetap damai. Saling bahu membahu gotong royong lagi. Tidak ada kubu-kubuan lagi demi menuju Wadas yang lebih baik kedepannya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya