SUARA INDONESIA

Dukung Pelaku UMKM, Unirow Tuban Beri Pelatihan Pengurusan Ijin Usaha

M. Efendi - 28 April 2021 | 14:04 - Dibaca 1.60k kali
Peristiwa Daerah Dukung Pelaku UMKM, Unirow Tuban Beri Pelatihan Pengurusan Ijin Usaha
Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani saat memberi pemaparan kepada para pelaku UMKM di Tuban, (Diah/suaraindonesia.co.id)

TUBAN - Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban memberikan pendampingan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kepada forum IKM.

Pelatihan dan pendampingan antara lain tentang pengurusan ijin usaha (NIB dan IUKM) bagi 18 UMKM kuliner Makanan dan Minuman anggota Forum IKM, Inovasi Tiada Henti dan Pasar Digital Community di Kabupaten Tuban.
 
Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Dumiyati mengatakan, pengabdian masyarakat ini dilakukan mulai Bulan Februari 2021 dan akan berakhir pada Bulan Juni 2021 yang bertempat di Kecamatan Tuban kota, Kecamatan Jatirogo, kecamatan Jenu, Kecamatan Bangilan, dan Kecamatan Palang. 

"Tujuan dalam pengabdian ini untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh mitra UMKM bidang kerajinan tangan, pengolahan makanan dan minuman anggota forum IKM, inovasi tiada henti  dan Pasar digital community DPC Tuban yang belum memiliki ijin usaha," ungkap Dumiyati. Rabu, (28/04/2021).

Selain itu, kata Dumiyati para pelaku UMKM yang sudah beroperasional dan berproduksi sebenarnya sudah memiliki potensi jangkauan pemasaran yang lebih luas.

"Peluang untuk kerjasama dengan pihak lain dalam hal pendanaan juga berpotensi, namun belum bisa dilaksanakan oleh para pelaku UMKM karena belum memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB) dan ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK)," imbuhnya.

Dumiyati yang juga menjabat sebagai wakil rektor 2 Unirow ini juga telah menawarkan solusi untuk melaksanakan pelatihan serta pendampingan untuk pengurusan legalitas usaha.

"Hari ini (28/4) merupakan penyerahan sertifikat NIB dan IUMK kepada 18 pelaku UMKM yang merupakan salah satu output dari kegiatan pengabdian masyarakat," terang dia.

Sementara itu, Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani juga memberikan apresiasi terhadap para dosen Unirow yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pelatihan dan pendampingan pengurusan NIB dan IUKM bagi UMKM anggota Forum IKM, Inovasi Tiada Henti Disperindag dan Pasar Digital Community di Kabupaten Tuban.

“Harapan kami, kedepan Unirow bisa tetap menjalin sinergi dengan UMKM dalam hal pembinaan dan pemberdayaan untuk meningkatkan peran UMKM dalam pemulihan perekonomian pasca Pandemi covid-19," pungkasnya. (Diah/Nang). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya