SUARA INDONESIA

800 Santri Nurul Jadid Asal Bondowoso Pulang Kampung, BPBD Disterilisasi Lokasi Penjemputan

Bahrullah - 29 April 2021 | 14:04
Peristiwa Daerah 800 Santri Nurul Jadid Asal Bondowoso Pulang Kampung, BPBD Disterilisasi Lokasi Penjemputan

BONDOWOSO - Sebanyak 800 santri Pondok Pesantren Nurul Jadid yang berasal dari Bondowoso pulang kampung halamannya, Rabu (28/4/2021).

Sampai di lokasi penjemputan di Bondowoso, mereka disterilisasi oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Jawa Timur.

H. Tohari, Koordinator pemulangan santri yang juga pengurus PPNJ Bondowoso, mengatakan, para santriwan dan santriwati yang pulan dari Ponpes diangkut dengan 19 armada bus dan 6 mobil Elf di sejumlah titik pemberhentian.

"Adapun titik pemberhentian dimaksud yakni Masjid Al Ikhlas Maesan, Lapangan Kecamatan Tamanan, EDC UniversitasJember cabang Bondowoso, Balai Desa Wringin, PP Ibrahimi Hamdani Tapen, serta Lapangan PG Prajekan," paparnya.

Lebih lanjut, Tohari menerangkan, teknis pemulangan juga dibagi dua, untuk santriwati pagi hari dan untuk santriwan sekitar pukul 14.00.

Tohari mengaku, proses pemulangan telah mengikuti aturan protokol kesehatan, 3M. Bahkan, di setiap titik pemberhentian telah ada tim Satgas, BPBD, Polsek, dan Dinas Kesehatan.

"Kami dari panitia mudi bersama santri PPNJ yang semuanya alumni Nurul Jadid mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, utamanya tim satgas yang mengawal penuh," ungkapnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Adi Sunaryadi, Plt Kalaksa BPBD Bondowoso menerangkan, bahwa tim reaksi cepat dari BPBD telah menyambut para santri di semua titik pemberhentian.

Yakni, dengan melakukan sterilisasi berupa penyemprotan disinfektan barang bawaan, kendaraan, serta santrinya sendiri.

"Hasil identifikasi awal itu mereka sudah membaca hasil rapid antigennya," ungkapnya.

Sejauh ini sendiri kata Adi, baru Ponpes Nurul Jadid yang melakukan koordinasi terkait santri yang pulang kampung ke Bondowoso.

Pewarta : Bahrullah
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV