SUARA INDONESIA

Launching Safari Ramadhan 1442 H, Ini Pesan Bupati  Untuk Umat Muslim di Keerom

Mustakim Ali - 29 April 2021 | 21:04
Peristiwa Daerah Launching Safari Ramadhan 1442 H, Ini Pesan Bupati  Untuk Umat Muslim di Keerom
KEEROM - Pemerintah Kabupaten Keerom dalam hal ini Bupati, Piter Gusbager dan Wakil Bupati, Wahfir Kosasih resmi melaunching Safari Ramadhan 1442 H/2021 M yang berlangsung di halaman Kantor Bupati, Kamis (29/04/2021).

Dalam Safari Ramadhan kali ini Pemkab Keerom mengucurkan anggran sebsesar 1 Miliar yang diserahkan langsung secara simbolis kepada Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Keerom, Arif Nugroho untuk disalurkan kepada umat, tokoh agama, pante asuhan, pondok pesantren, janda dan yang lainnya di Kabupaten Keerom.

Dalam kesempatanya, Bupati Piter Gusbager menyampaikan bahwa dengan kemampuan atau kondisi keuangan daerah yang terbatas saat ini Pemkab Keerom hanya bisa memberikan 1 Miliar kepada semua umat muslim di Kabupaten Keerom dalam bulan Ramadhan ini.

“Dana yang kami berikan ini untuk umat muslim di Keerom yang ditransfer langsung dari rekening daerah ke rekening DMI Keerom sebagai upaya untuk mencegah terjadi tindak korupsi, jadi tidak diberikan secara tunai,” ujar Piter Gusbager.

Dirinya juga berharap, peruntukan dana yang di salurkan pemkab keerom tersebut harus difokuskan bantuan non fisik dalah hal ini akan disalurkan kepada umat-umat.

“Bantuan ini peruntukanya harus perioritaskan bantuan non fisik seperti pembinaan umat dan kegiatan lainya di bulan Ramadhan ini, jangan bebani uang ini untuk bantuan fisik seperti membangun masjid atau musolah. Karena bantuan ini merupakan alat komunikasi kepala daerah dan wakil kepala daerah terhadap umatnya,” tegas Piter.

Bupati menambahkan, bantuan untuk pembangunan rumah ibadah akan dilakukan bertahap, dimana untuk bulan ramadhan kalin ini akan diberikan kepada dua masji yakni masji di Kapung Pitewi dan Masjid Saiken di Skamto.

Usai melaunching Safari Ramadhan, Bupati dan Wakil Bupati yang didampingi sejumlah instasi fertikal di Kabupaten Keerom langsung menuju Kampung Pitewi dan Pir 4 untuk menyerahkan secara langsung santunan kepada umat muslim dengan diakhiri dengan buka puasa bersama.

Sementara itu  Ketua DMI Kabupaten Keerom, Arif Nugroho mengakui akan siap menjalankan apa yang sudah menjadi intruksi bupati dan wakil bupati dalam menyalurkan santunan  atau tali kasih kepada umat Muslim di bulan Ramadhan kali ini.

“Untuk Safari Ramadhan kali ini bisa dikatakan sedikit istimewah mengingat tahun sebelumnya tidak dilaksanakan dengan berbagai alas an salah satunya penyebaran Covid-19,” ujar Arif.

Menurut ketua DMI Keerom itu, apa yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati dalam safari ramadhan kali ini tentu selaras dengan Visi misinya yakni memperdayakan semua umat beragama di Kabupaten Keerom.

“Intruksi Bupati tadi sudah jelas, bahwa tali kasih yang akan disalurkan ini diharapkan bisa mendorong pemulihan ekonomi masyarakat khususnya umat. Untuk itu melalui bantuan ini tidak saja mementingkan kepentingan fisik pembangunan akan tetapi pemberdayaan umat juga harus jadi prioritas dalam masa pandemi covid-19 ini,” ungkapnya.

Dimana semua kegiatan yang berlangsung selama safari ramadhan kali ini akan berpacu pada protocol kesehatan seperti apa yang sudah ditegaskan oleh Bupati Keerom Piter Gusbager sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

“Bupati menegaskan, semua umat muslim di Keerom khususnya di bulan Ramadhan ini harus menjadi garda terdepan dalam mematuhi protocol kesehatan guna untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Untuk itu peserta yang terlibat dalam sejumalh rangkaian safari ramadhan ini kita batasi atau semua perwakilan pihak terkait saja,” tutupnya.

Perlu diketahui bahwa selain bantuan uang senilai 1 miliar pemkab keerom melalui DMI Keerom juga menyerahkan sejumlah paket bantuan berupa peralatan sholat untuk tokoh agama dan para umat lainya.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya