SUARA INDONESIA

Makin Banyak Manfaat, BPJS Naker Canangkan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan

Achmad Junaidi - 30 April 2021 | 09:04
Peristiwa Daerah Makin Banyak Manfaat, BPJS Naker Canangkan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan

TUBAN - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur memberikan penghargaan kepada Bupati dan Wakil Bupati Tuban atas suksesnya Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di wilayah Kabupaten Tuban. 

Kegiatan yang berlangsung di ruang RH Ronggolawe Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban tersebut juga dilakukan serah terima klaim Jaminan Kecelakaan Kerja dan klaim Jaminan Kematian Pekerjaan dari unsur Pemerintah Desa, BPD, RT/RW, serta Guru TPQ, Kamis (29/04/2021). 

Dalam sambutannya, Bupati Tuban menyampaikan bahwa, kehadiran BPJS Ketenagakerjaan melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan sangat mendukung program Pemkab Tuban untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan atas penghargaan dan dukungannya dalam peningkatan kesejahteraan warga Tuban," ucap Bupati Huda.

Bupati mengatakan, di Tuban tengah dibangun sejumlah proyek strategis nasional seperti kilang minyak PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) di Kecamatan Jenu serta berbagai pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan lainnya. 

Dengan adanya proyek-proyek tersebut juga akan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Maka itu, BPJS Ketenagakerjaan harus bekerjasama dengan DMPTSP dan Naker, agar seluruh pekerja baru bisa terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

"Melalui program ini, kami berharap agar dapat memotivasi para pekerja untuk lebih meningkatkan kinerjanya, serta dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi keluarga pekerja," jelasnya. 

Sementara itu, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim, Deny Yustulian  menjelaskan, BPJS Naker tengah menyasar kelompok pekerja Non PNS di lingkungan Pemkab Tuban, sebab dari jumlah 3 ribu pegawai Non PNS, hanya terdapat 60 orang yang terdaftar sebagai peserta.

"Kami akan datang ke dinas-dinas untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan," ungkap Deny. 

Selain pekerja Non PNS dilingkungan Pemkab Tuban, pihaknya juga bakal menyasar pekerja disektor lainnya, seperti nelayan, petani, pedagang, sopir, serta pegawai swasta lainnya. 

Adapun manfaat yang akan diterima oleh peserta Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini meliputi program jaminan kecelakaan kerja, santunan, hingga beasiswa pendidikan bagi anak-anak peserta. 

"Banyak manfaat yang akan diterima oleh peserta BPJS Naker. Bahkan saat ini, BPJS Naker telah merencanakan program jaminan kehilangan pekerjaan yang sangat menguntungkan peserta," tutupnya. (Irq/Nang). 

Pewarta : Achmad Junaidi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV