SUARA INDONESIA

Smelting Peduli Salurkan Beras 5 Kg Kepada 7.370 Kepala Keluarga di 3 Kelurahan

Syaifuddin Anam - 29 April 2021 | 09:04
Peristiwa Daerah Smelting Peduli Salurkan Beras 5 Kg Kepada 7.370 Kepala Keluarga di 3 Kelurahan

GRESIK — Memasuki pertengahan ramadan PT Smelting kembali menggelontorkan bantuan beras lima kilogram kepada 7.370 kepala keluarga di Kelurahan Lumpur dan Kelurahan Tlogopojok Kecamatan Gresik serta Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian korporasi terhadap kondisi sosial sekitarnya.

Menurut Indra Junor, Section Manager General Affairs PT Smelting, kegiatan ini merupakan tahun kedua yang dilakukan manajemen PT Smelting untuk meringankan beban ekonomi masyarakat ditengah pandemi yang turut memukul ekonomi. "Di bulan puasa ini kami ingin sedikit berbagi dengan masyarakat sekitar Pabrik. Harapannya, selain meringankan beban ekonomi masyarakat Kelurahan Lumpur, juga memudahkan masyarakat mengakses sembako," tutur Indra Junor Rabu (28/04/2021).

Indra berharap bantuan tersebut bisa berkah dan bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Lumpur. "Semoga berkah dan bermanfaat buat masyarakat, semoga warga Lumpur sehat selalu dan terhindar dari pandemi," lanjutnya.

Dikatakan, penyaluran bantuan dilaksanakan tiga hari berturut-turut. Masing-masing di Kelurahan Lumpur diserahkan 1.886 zak beras kepada Lurah Lumpur, M Fathan pada Senin (26/4/2021). Kemudian Kelurahan Tlogopojok sebanyak 2.150 zak beras untuk warga setempat pada Selasa (27/4/2021). Serta terakhir di Desa Sukomulyo Kecamatan Manyar ada 3.334 zak beras 5 Kg diberikan kepada warga setempat dan Forkopimcam Manyar.

Saat menerima bantuan beras dari PT Smelting tersebut, Lurah Lumpur Fathan terlihat sumringah dan berkali-kali menyampaikan rasa terimakasih kepada PT Smelting yang telah menyalurkan bantuan untuk warganya tersebut.

"Bukan kali ini saja PT Smelting memberikan bantuan kepada kami, saat awal pandemi pun sudah membantu warga Lumpur berupa sembako dan alat-alat pencegahan penularan virus, dan hampir setiap tahun menyalurkan bantuan," beber Fathan.

Lurah yang belum genap dua tahun menjabat tersebut menceritakan, bila jumlah beras kemasan lima kilogram yang disalurkan PT Smelting jumlahnya sengaja disesuaikan jumlah KK (kepala keluarga) yang berada di Kelurahan yang Ia pimpin.

"Jumlah (Nilai) bantuan ini cukup fantastis, jadi kepedulian PT Smelting kepada masyarakat sangat besar," timpal Subiyanto, Kades Sukomulyo Kecamatan Manyar saat menerima penyerahan bantuan tersebut di Kantor Desa Sukomulyo, Rabu (28/04/2021).

Subiyanto bahkan mengaku terharu dengan perhatian PT Smelting kepada masyarakat di desanya, karena bukan kali ini saja pabrik smelter pertama di Indonesia itu menyalurkan bantuan. "Tahun kemarin juga membantu kami, selain itu PT smelting juga perhatian terhadap program-program kepemudaan disini," lanjut Subiyanto.

Yanto-sapaan Subiyanto- mengaku akan menyalurkan bantuan tersebut kepada seluruh warganya melalui masing-masing Pengurus RT yang ada 54 RT itu. "Juga kepada guru-guru ngaji, guru sekolah marbot, dan lainnya," katanya.

Terpisah, Mohamad Iqbal, Lurah Tlogopojok yang menerima langsung bantuan dari PT Smelting menyampaikan terimakasih kepada PT Smelting yang selama ini sudah sering membantu masyarakat sekitar pabrik, terutama warga Tlogopojok.

"Selama saya menjabat memang sudah sering PT Smelting membantu masyarakat di Kelurahan Tlogopojok," ucap Iqbal.

Iqbal menceritakan bila sebelumnya, PT Smelting sudah pernah membantu masyarakat Tlogopojok dengan menyalurkan sembako. Selain itu, pengadaan meter air utk sumur bor di Tlogopojok juga dibantu Smelting. "Barusan juga pemasangan CCTV di semua RT dan kantor kelurahan dibantu sepenuhnya oleh PT Smelting," cerita Iqbal.

Sementara itu Sekretaris Kecamatan Manyar (Sekcam) Mustofa, yang turut hadir mengapresiasi perang sosial PT Smelting yang dilakukan pada hari ini di Desa Sukomulyo. "Menjadi contoh bagi Corporate lain untuk melakukan hal yang sama," ujarnya. 

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya