SUARA INDONESIA

Peringati Hari Buruh, Ormek Tuban Tidak Ikut Turun Jalan

Achmad Junaidi - 01 May 2021 | 14:05
Peristiwa Daerah Peringati Hari Buruh, Ormek Tuban Tidak Ikut Turun Jalan

TUBAN - Peringatan hari buruh atau May Day yang jatuh pada tanggal 1 Mei. Ratusan pemuda yang tergabung dalam Cipayung Plus terdiri dari berbagai organisasi mahasiswa (ormek) yang terdiri dari IMM, HMI, PMII, GMNI dan LMND gelar Seminar Nasional tentang Industrialisasi Ancaman atau Peluang.

Seminar Nasional tersebut terdiri dari 3 narasumber yaitu dari Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR RI ) Didik Mukrianto, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, dan Kepala Dinas PTSP Tuban Endah Nurul Komariyati. 

Perwakilan dari Cipayung Plus, Muhammad Chanif Mu'ayyad yang juga Ketua PMII Tuban mengungkapkan, acara ini memang dalam rangka memperingati Hari Buruh atau May Day. Biasanya para mahasiswa juga mengikuti aksi, namun kali ini mereka mengadakan acara seminar nasional.

"Karena bulan puasa juga, takutnya nanti teman - teman pada saat aksi justru membatalkan puasanya. Maka dari itu kita mengambil langkah - langkah strategis dengan mengadakan acara seminar ini," ungkap Muhammad Chanif Mu'ayyad kepada suaraindonesia.co.id saat ditemui di Gedung Korpri, lingkungan Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Sabtu, (01/05/2021).

Dalam sambutannya, Muhammad Chanif menyinggung soal buruh, menurutnya semua yang diharapkan pekerja buruh ialah kesejahteraan. Buruh yang tergabung dalam serikat tentu menyampaikan beberapa hal, salah satunya adalah berharap untuk upah dinaikkan sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) 

"Sampai hari ini Upah Minimum Kabupaten Tuban, menjadi bukti bahwa pemerintahan di Tuban masih belum mengadopsi seluruh aspirasi yang disampaikan bersama-sama," ungkap dia.

Menurut Chanif, walaupun momentum bulan puasa, tentu ini bisa menjadi spirit untuk semua. Sebagai generasi muda yang mempunyai ekspetasi tinggi untuk menjadi lebih baik lagi serta mendengarkan aspirasi dari para buruh.

Ditempat yang sama, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, acara seminar nasional ini digelar dalam rangka memperingati hari buruh atau May Day oleh ormek yang tergabung di Cipayung Plus dianggap sangat positif.

"Karena mereka memilih untuk melaksanakan kegiatan May Day yang bertepatan dengan bulan puasa, jadi hal seperti ini adalah hal positif. Tentu dengan hadirnya beberapa narasumber untuk membuka wawasan juga untuk mereka," ungkap AKBP Ruruh Wicaksono.

AKBP Ruruh Wicaksono juga menambahkan, terkait dengan May Day ini, Cipayung Plus yang biasanya mengikuti aksi, kali ini mereka mengganti kegiatan dengan acara seminar untuk peringatan Hari Buruh ini sangat positif. 

"Kalau ada yang mengikuti aksi nanti ya tetap kita amankan. Sudah ada petugas kepolisian disana, dan sudah kita kerahkan untuk pengamanan," lanjut AKBP Ruruh Wicaksono.

Masih kata Kapolres Tuban bahwa kegiatan ini tidak ada tendensi apapun, dan mereka hanya murni solidaritas saja. (Diah/Nang). 

Pewarta : Achmad Junaidi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV