SUARA INDONESIA

Gus Ipin : Kerja ASN Percuma Tanpa Landasan Kepuasan Masyarakat Trengggalek

Rudi Yuni - 03 May 2021 | 18:05
Peristiwa Daerah Gus Ipin : Kerja ASN Percuma Tanpa Landasan Kepuasan Masyarakat Trengggalek

TRENGGALEK - Kinerja Aparatur Sipil Negara  (ASN) atau PNS akan menjadi percuma ketika tidak mampu memberikan kepuasan terhadap masyarakat dalam hal pelayanan publik.

Bahkan juga percuma dengan mewariskan gedung yang menjulang tinggi namun didalamnya tidak ada budaya kerja yang berorientasi kepada kepuasan masyarakat. 

"Kerja ASN ini akan percuma jika tanpa memberikan kepuasan kepada masyarakat. Terlebih dalam hal pelayanan publik seperti administrasi kependudukan," kata Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin, Senin (3/5/2021).

Dijelaskan Gus Ipin sapaan akrabnya, percuma dengan mewariskan gedung yang menjulang tinggi untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada ASN namun tidak diimbangi dengan warisan budaya kerja yang berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Pihaknya sangat yakin jika kerja tersebut sudah berorientasi pada kepuasan masyarakat, maka inovasi akan muncul dengan sendirinya. Seperti, tertib administrasi kependudukan (adminduk) yang merupakan suatu kebutuhan pokok masyarakat.

"Maka kita minta ASN, khususnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk setia pada cita-cita menjaga seluruh tumpah darah Indonesia," harapnya.

Menurutnya, dengan menjaga seluruh kenyamanan layanan publik maka dapat dipastikan masyarakat juga akan tertib adminduk.

Dengan tertib adminduk amaka tidak akan ada lagi kasus anak tidak bisa mendaftar sekolah karena belum memiliki akta kelahiran atau bahkan tidak tersalurkannya bantuan sosial kepada warga miskin maupun ODGJ.

"Dengan inovasi dari Dinas Dukcapil yaitu Trenggalek Giat Online Layanan Disdukcapil (GOLD) akan dapat memberikan kepuasan terhadap pelayanan," ucapnya.

Masih menurut Gus Ipin, seperti salah satu inovasi unggulannya adalah Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Secara Online Paket Lengkap (SIMINAKSOPAL).

SIMINAKSOPAL merupakan jawaban dari tantangan bahwa selama masa pandemi tidak memungkinkan bagi masyarakat untuk mengurus langsung berbagai dokumen kependudukan ke Kantor Dinas Dukcapil.

"Dengan inovasi tersebut, masyarakat dapat mengajukan dokumen secara daring. Bahkan bagi masyarakat yang terkendala dalam sarana prasarana, juga akan difasilitasi oleh petugas registrasi desa," tegasnya.

 

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya