SUARA INDONESIA

Pimpin Apel Gabungan, Wali Kota Blitar Santoso: Lebaran Harus Berjalan Aman dan Kondusif

Ari - 05 May 2021 | 10:05
Peristiwa Daerah Pimpin Apel Gabungan, Wali Kota Blitar Santoso: Lebaran Harus Berjalan Aman dan Kondusif

Blitar - Pemerintah Kota Blitar menggelar apel gelar pasukan gabungan tentang pelaksanaan operasi ketupat semeru tahun 2021. Dalam kegiatan ini dihadiri langsung Forkopimda Blitar, Wakil Walikota Blitar, Kepala OPD, TNI/Polri dan kelompok masyarakat, di depan alun-alun Kota Blitar, pada Rabu (05/05/2021) pagi. 

Dalam sambutannya, Walikota Blitar Santoso meminta kepada seluruh petugas tetap berfokus terhadap tugas pokok dan fungsi masing-masing agar menjelang ataupun sesudah perayaan Idul Fitri 1442 H dapat berjalan aman, kondusif serta perkembangan penyebaran virus corona bisa dikendalikan. 

"Hari ini kita merapatkan barisan guna mengantisipasi pergerakan aktivitas warga mendekati akhir Ramadhan dan lebaran. Biasanya, pada momen ini mulai banyak ditemukan pemudik yang kembali ke kampung halaman. Sehingga, terkait hal tersebut harus diperhatikan oleh semua sektor," terang Santoso Rabu. 

Walikota Santoso menjelaskan, Pemerintah Kota sudah mempersiapkan sejumlah langkah untuk menangani terjadinya peningkatan arus mudik tahun ini. Dengan cara, menyiagakan pos pantau, tim Satgas maupun rumah karantina bagi pemudik yang baru datang dari luar daerah, pulau bahkan luar negeri. 

"Pemkot menyiapkan pos pantau arus mudik di tiga tempat yakni sekitar alun-alun Kota Blitar, Stasiun dan Terminal. Lalu terkait penanganan pemudik, kita siapkan juga rumah isolasi sebanyak 124 ruang. Sesuai aturan, bagi pendatang wajib melakukan isolasi 5 hari sebelum pulang ke rumah," imbuhnya. 

Walikota Santoso berharap, seluruh lapisan masyarakat taat dan patuh terhadap aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat, provinsi maupun daerah terlebih mengenai larangan mudik. Hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan bersama termasuk orang terdekat yaitu keluarga. 

Sementara itu, Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Hery Setiawan menambahkan, disamping itu pihaknya juga sudah menyiagakan pos penyekatan di wilayah Kecamatan Ponggok, Wonodadi dan Udanawu. Sedangkan pos pelayanan didirikan di Kebonrojo dan Penataran serta semua pos diintruksikan standby 24 jam.  (adv).

Pewarta : Ari
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV