SUARA INDONESIA

Pastikan Penanganan Sesuai Prosedur, Bupati Blitar Rini Tinjau Rumah Karantina PMI

Aris Danu - 06 May 2021 | 11:05 - Dibaca 1.13k kali
Peristiwa Daerah Pastikan Penanganan Sesuai Prosedur, Bupati Blitar Rini Tinjau Rumah Karantina PMI
Bupati Blitar Rini Syarifah menyapa pekerja migran

Blitar - Dalam rangka memastikan semua penanganan sesuai standar operasional prosedur, Bupati Blitar Rini Syarifah meninjau secara langsung rumah karantina yang diperuntukkan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hotel Ilhami Desa Jatilengger Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Kamis (06/05/2021) siang. 

"Alhamdulillah saat saya berkunjung ke sini para pekerja migran sudah ada yang siap - siap mau pulang kerumah karena hasil test swab yang dilakukan oleh gugus tugas menyatakan bahwa mereka aman atau dinyatakan negatif dari infeksi virus corona," kata Bupati Rini kepada Suara Indonesia Kamis. 

Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar mengatakan, berdasarkan instruksi dari pusat, penanganan PMI yang baru saja pulang dari luar luar negeri harus menjalani pemeriksaan secara berkala. Artinya, PMI wajib isolasi di tingkat provinsi selama dua hari dan tiga hari berikut di tingkat daerah. 

"Nanti teknisnya, para pekerja migran yang hasilnya negatif akan dijemput oleh pihak desa/kecamatan di rumah karantina yang disediakan pemerintah daerah. Sehingga, keluarga cukup dirumah saja tidak usah kemana-mana tinggal menunggu sanak saudaranya diantar petugas," ujar Mak Rini Kamis. 

Bupati perempuan pertama di Blitar itu juga menghimbau kepada pekerja migran yang sudah diperbolehkan pulang tetap patuh dan disiplin terhadap aturan protokol kesehatan dan wajib jalani isolasi mandiri selama 14 hari kedepan. Hal ini dilakukan guna memastikan semuanya aman. 

Sementara itu, Kepala Bidang Linjamsos, Dinsos Kabupaten Blitar, Sri Nuryanti menambahkan, hasil koordinasi dengan gugus tugas setempat, pada hari Kamis kurang lebih ada 19 pekerja migran terdiri dari 8 laki - laki dan 11 orang perempuan diperbolehkan pulang ke tempat asal. 

Perlu diketahui, Bupati Blitar Rini Syarifah selain berkunjung ke tempat karantina PMI juga menyempatkan waktu untuk melihat secara langsung posko penyekatan di wilayah Blitar bagian barat. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aris Danu
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya