SUARA INDONESIA

PU Pengairan Catat Ada 337 Bendungan di Banyuwangi, Semua Aset Berfungsi dengan Baik

Muhammad Nurul Yaqin - 06 May 2021 | 17:05 - Dibaca 1.90k kali
Peristiwa Daerah PU Pengairan Catat Ada 337 Bendungan di Banyuwangi, Semua Aset Berfungsi dengan Baik
Dam Singir, Blambangan, Banyuwangi. Salah satu bendungan peninggalan Belanda.

BANYUWANGI- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mencatat ada 337 bendungan yang masih berfungsi dengan baik.

Dari ratusan bendungan tersebut terbagi menjadi 2 buah bendungan bergerak, 267 bendungan tetap, dan 108 bendungan bebas.

"Sementara ini berfungsi dengan baik, khususnya bendungan gerak, ini dibantu dengan motor dinamo yang terpelihara dengan baik," kata Kabid Bina Manfaat dan Kemitraan Dinas PU Pengairan, Doni Arsilo Sofyan, Kamis (6/5/2021).

Doni menyampaikan, fungsi utama bendungan tersebut untuk irigasi pertanian. Sesuai dengan tupoksinya, PU Pengairan Banyuwangi komitmen mendorong produksi hasil pertanian dengan memperluas jaringan irigasi.

"Untuk itu kita melibatkan Tenaga Operasi dan Pemeliharaan (OP) yaitu Juru dan PPA (Penjaga Pintu Air) juga ditugaskan untuk melaksanakan pengelolaan dan pemeliharaan bendung," ucap Doni.

Menurutnya, fungsi bendungan di Banyuwangi tidak sebatas dimanfaatkan untuk mengalirkan air ke sawah-sawah warga, namun untuk di Banyuwangi bendungan juga disulap jadi kawasan wisata menawan.

"Jadi, selain bertujuan untuk menjaga aset agar tetap terawat, sekaligus juga mendukung upaya pemerintah mengembangkan sektor pariwisata," ungkap Doni.

Kata dia, dalam menjaga aset bendungan, pemeliharaan rutin juga dilaksanakan dengan melaksanakan rehabilitasi secara berkala baik di bendung maupun di jaringan irigasi. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV