SUARA INDONESIA

Kapolres Trenggalek Tinjau Pos Penyekatan Pemudik

Rudi Yuni - 08 May 2021 | 11:05 - Dibaca 1.17k kali
Peristiwa Daerah Kapolres Trenggalek Tinjau Pos Penyekatan Pemudik
Kapolres bersama Dandim tinjau pos pantau

TRENGGALEK - Tepat di perbatasan wilayah aglomerasi rayon IV, Kabupaten Trengggalek dirikan dua pos pantau atau chekpoin penyekatan tepatnya di perbatasan wilayah antara Trengggalek - Ponorogo dan Trenggalek - Pacitan. 

Untuk memastikan pendirian chekpoin berjalan sesuai harapan, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring bersama Komandan Kodim 0806 Letkol Arh Uun Samson Sugiharto turun langsung untuk melakukan peninjauan. 

"Peninjauan ini sebagai langkah pengecekan kesiapan personil, sarana dan prasarana dalam melakukan pembatasan bagi para pemudik," kata AKBP Doni saat meninjau perbatasan Trenggalek Pacitan tepatnya di KM. 8 masuk Desa. Besuki Kecamatan Panggul.

Selain itu, AKBP Doni juga menyampaikan pihaknya ingin menyaksikan langsung  proses penyekatan yang dilakukan oleh petugas dalam rangka pengamanan lebaran di tahun ini. 

Dalam proses pengamanan ini selain melibatkan personel Polri, pos penyekatan juga melibatkan unsur dari TNI, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Dinas perhubungan dibantu oleh komunitas masyarakat mitra Kamtibmas dan Pramuka.

"Langkah ini merupakan tindaklanjut aturan pemerintah dengan telah mengambil kebijakan terkait dengan larangan mudik dalam rangka menekan laju penyebaran Covid-19," tegasnya, Sabtu (8/5/2021).

Langkahnya, petugas gabungan yang ada pada chekpoin akan melakukan penyekatan dengan memeriksa kelengkapan persyaratan bagi setiap kendaraan yang melintas.

Kendaraan yang melintas diperbatasan akan diperiksa terkait dengan kelengkapan administrasi seperti surat bebas Covid-19, kemudian melakukan rapid anti gen bagi penumpang. 

"Jika tujuannya adalah mudik dan tidak memenuhi persyaratan maka petugas akan meminta putar balik," ucap AKBP Doni.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres dan Dandim juga menyerahkan sejumlah bingkisan kepada petugas pos pengamanan sebagai penyemangat dan motivasi dalam menunaikan tugas.

Perlu diketahui, terhitung mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021, Kepolisian bersinergi dengan instansi terkait lainnya resmi menggelar Operasi Ketupat Semeru 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H.

Untuk mendukung kegiatan selama operasi, Polres Trenggalek mendirikan sedikitnya lima pos pengamanan yakni Pos pengamanan di Durenan, Watulimo dan Agropark. Sedangkan dua sisanya merupakan Pos penyekatan di perbatasan Ponorogo dan Pacitan.


 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV