SUARA INDONESIA

Jelang Lebaran, Uang Santunan Bagi Ahli Waris Covid-19 di Tuban Cair 5 Juta

M. Efendi - 12 May 2021 | 17:05 - Dibaca 991 kali
Peristiwa Daerah Jelang Lebaran, Uang Santunan Bagi Ahli Waris Covid-19 di Tuban Cair 5 Juta
Pemakaman jenazah Covid-19 oleh tim Gugus Tugas Kabupaten Tuban, (Dok suaraindonesia.co.id)

TUBAN - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan santunan Rp 5 juta untuk ahli waris korban meninggal Covid-19. Santunan diberikan sebagai bentuk perhatian kepada keluarga korban Covid-19, terutama setelah santunan dari Kemensos dihentikan.

Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Tuban, Santoso menyebut, menjelang lebaran ini uang santunan bagi ahli waris korban Covid-19 telah cair.

"Alhamdulillah menjelang Lebaran santunan bagi ahli waris korban Covid-19 cair. Ada 20 ahli waris yang sudah cair dari 22 ahli waris yang kami ajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur," jelas Santoso kepada suaraindonesia.co.id, Rabu, (12/05/2021).

Menurutnya, dari 22 orang yang diajukan ke Pemerintah Provinsi, terdapat 2 tenaga kesehatan. Sehingga santunan bagi ahli waris Covid-19 tahap pertama hanya cair 20 ahli waris.

"Karena 2 orang tenaga kesehatan itu sudah dapat santunan sendiri dari tenaga kesehatan. Jadi tidak bisa diklaimkan untuk ikut masyarakat umum seperti ini," ungkapnya.

Pemberian santunan, lanjut dia, langsung dibayarkan ke rekening ahli waris masing-masing tanpa melalui Dinsos. Dan ahli waris bisa langsung mengeceknya.

"Kami tidak semua punya nomor ahli waris, tetapi ada sebagian tadi ahli waris yang mengabari bahwa uang santunannya sudah masuk ke rekeningnya sebesar 5 juta," ujarnya.

Santoso juga menghimbau kepada ahli waris yang lain tidak usah ke Kantor Dinsos untuk mengajukan klaim santunan Covid-19 tahap kedua. 

"Ahli waris yang belum mendapatkan santunan Covid-19 tidak perlu ke Dinsos. Walaupun nanti sudah ada surat lagi dari Provinsi untuk pengajuan santunan Covid-19 yang selanjutnya, Dinsos akan meminta data dari Satgas Covid-19 dari Dinas Kesehatan. Jadi ahli waris yang lain tetap tenang," katanya.

Selain itu, Santoso juga berharap dengan cairnya santunan Covid-19 bagi ahli waris menjelang Lebaran bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Santunan ini semoga bisa dimanfaatkan bagi ahli waris, dan alhamdulillah jelang Lebaran ahli waris bisa menggunakan keperluan dihari kemenangan," pungkasnya. (Irq/Nang). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya