SUARA INDONESIA

Masa Pandemi, Produk UMKM Lamongan Masuk Indomaret dan Alfamaret

M Nur Ali Zulfikar - 20 May 2021 | 17:05
Peristiwa Daerah Masa Pandemi, Produk UMKM Lamongan Masuk Indomaret dan Alfamaret

LAMONGAN - Sebanyak 16 produk, dari 50 produk olahan yang ditawarkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Lamongan berhasil masuk, serta dipasarkan di Indomaret dan Alfamaret.

Produksi karya putra daerah yang masuk pasar ritel itu, akan bersaing dengan brand- brand nasional, bahkan internasional. Masuknya produk tersebut, sebagai langkah untuk membantu perekonomian pelaku UMKM yang lesu akibat pandemi Covid-19.

“Saya yakin, produk IKM Lamongan ini tidak akan mengecewakan, Lamongan sudah terkenal dengan ibu-ibu yang kulinernya luar biasa. Sebelum masuk retail modern ini produk dites dulu, diseleksi, dilihat bagaimana prospeknya juga. Dari sekitar 50 an produk yang dimasukkan ada 16 produk yang hari ini sudah masuk,” ungkap Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat melauncing produk UMKM masuk pasar ritel, Kamis (20/5/2021).

Pria yang akrab disapa pak Yes itu menuturkan bahwa produk UMKM Lamongan juga dipasarkan melalui aplikasi Pasar Online Lamongan (POL) milik Perumda Pasar.

Dia berharap pelaku UMKM selalu siap memenuhi kebutuhan pasar, jangan sampai nanti permintaannya besar, terus tidak siap. Karena produk ini nanti harapannya tidak hanya dipasarkan di Lamongan.

"Sebagai stimulus sebelumnya kami gerakan tagline, ayo beli produk Lamongan.  Dimana substansi dan tujuannya untuk meningkatkan penjualan ataupun omset penjualan produk UMKM Lamongan," ujar Sekretaris Daerah Lamongan 2011 - 2020 ini.

Bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Yuhronur yakin produk IKM dan UMKM Lamongan, akan dapat berkembang pesat, baik di Kabupaten Lamongan, di Jatim, serta tembus pasar nasional dan internasional.

Sementara itu, Branch Manager
PT Indomarco Prismatama, Cabang Gresik, Veronica Gratiawati yang hadir dalam launcing menyatakan berkomitmen membantu menjual produk UMKM Lamongan di ritel Indomaret.

"Untuk dapat masuk ke retail modern perusahaannya disortir melalui 6 poin, yakni telah didaftarkan di Disperindag Lamongan, bersertifikat halal, mencantumkan expired date, memiliki PIRT, dicek komposisi dan gramasi, serta melalui uji kemasan," tegasnya

Buat yang penasaran, ini 16 produk UMKM Lamongan yang berhasil masuk retail modern, di antaranya, produk Bu Bintang Krupuk Trasi, Jajanan Ibu Kembang Goyang, Jajanan Ibu Kuping Gajah, Jajanan Ibu Pastel Mungil, Twinfood Jackfriut Coffee.

An-Nur Kopi Rempah, An-Nur Wedang Pokak, Kirana Teri Krezz, Jajanan Ibu Kerupuk Ikan Tengiri, Snackchat Akar Kelapa, Baloon Ladu Sing Cemilan Kekinian, Snackchat Gapit Ketan Rasa Banwang, 2R Ting-Ting Rasa Original, 2R Kripik Singkong Ayam Panggang, Jozz Emping Melinjo, dan Palupi Soes Kering Original.

Pewarta : M Nur Ali Zulfikar
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV