SUARA INDONESIA

Pemkab Trenggalek Targetkan 50 Ribu Lansia Divaksin 

Rudi Yuni - 21 May 2021 | 12:05
Peristiwa Daerah Pemkab Trenggalek Targetkan 50 Ribu Lansia Divaksin 

TRENGGALEK - Pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Kabupaten Trengggalek telah dimulai. Pelaksanaan pertama vaksinasi bagi para lanjut usia (lansia) ini bertempat di Aula Kantor Kelurahan Sumbergedong pada Selasa (18/5/2021).

Berdasarkan data capaian vaksinasi Covid-19, vaksin tahap pertama itu di berikan kepada 70 orang lansia.  mendapatkan vaksin dosis pertama jenis sinovac. 

Sekretaris Daerah Joko Irianto menyampaikan pemberian vaksinasi kepada para lansia ini diharapkan dapat memberikan ketahanan tubuh lansia dari resiko dan dampak terpapar covid-19.

"Kami berharap kesehatan mereka jadi lebih terjaga, dan resiko tertular menjadi rendah," kata Joko Irianto, Jumat (21/5/2021).

Lanjut Joko, dengan melihat di usia tersebut, pemberian suntikan vaksin ini juga diharapkan mampu menguatkan kondisi psikis para lansia agar tetap terjaga dengan baik.

Selain pemberian vaksinasi, para lansia juga diberi pengetahuan untuk menghadapi serangan dari covid-19. Bagaimana cara mencegah dan menangani jika ada gejala terpapar Covid-19.

"Vaksinasi terhadap lansia ini sebagai awal mula bagi para warga lanjut usia untuk menerima vaksin. Nanti akan ditargetkan kembali vaksinasi kepada lansia lain dengan melihat ketersediaan vaksin," ungkapnya.

Senada disampaikan, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek, dr. Saeroni.

Pihaknya mengatakan vaksinasi untuk lansia ini diberikan pada lansia yang tinggal di daerah angka penyebar yang tinggi. 

"Ini jenis vaksin sinovac, kita berikan kepada lansia dengan prioritaskan bagi lansia yang berada di daerah kasus covid-19 tinggi," tegasnya.

Ditambahkan dr. Saeroni, untuk target vaksinasi terhadap para warga lansia ini ditargetkan kepada sekitar 50 ribu orang penerima. 

Selain itu pihaknya juga tetap memberikan pengetahuan kepada warga lansia tentang apa itu Covid-19 dan bagaimana pencegahannya.

"Tentu kita tetap mengajak seluruh masyarakat agar dapat menerapkan protokol kesehatan, dan tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak," pungkas dr. Saeroni.

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV