SUARA INDONESIA

Bupati Blitar Dampingi Gubernur Jatim, Tinjau Korban Gempa Bumi di Selorejo

Aris Danu - 22 May 2021 | 14:05 - Dibaca 1.49k kali
Peristiwa Daerah Bupati Blitar Dampingi Gubernur Jatim, Tinjau Korban Gempa Bumi di Selorejo
Gubenur Jatim Khofifah didampingi Bupati Blitar Rini meninjau rumah warga di Boro Selorejo

Blitar - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Blitar Rini Syarifah melakukan pengecekan langsung ke beberapa titik kerusakan yang diguncang gempa bumi berkekuatan 5,9 SR kemarin malam, (22/05/2021). 

Gubernur Jatim bersama Bupati Blitar Rini pertama kali berkunjung ke rumah warga yang beralamat di Desa Boro Kecamatan Selorejo dan Desa Jabung Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Selain memantau perkembangan situasi, Khofifah dan Rini juga menyalurkan bantuan sembako bagi warga yang terdampak gempa. 

Saat berkunjung ke Blitar, Gubernur Jatim Khofifah meminta masyarakat selalu siaga dan waspada terhadap segala potensi bencana alam. Apalagi, wilayah pesisir Jatim masuk area ring of fire maka segala upaya seperti mitigasi kebencanaan harus dipersiapkan agar tidak sampai menimbulkan masalah baru. 

"Saya menyarankan kepada warga supaya secara bertahap mulai beralih ke kontruksi bangunan tahan gempa karena pesisir selatan sudah ditetapkan sebagai area ring of fire jadi kalau bisa diantisipasi jauh hari. Disamping itu, masyarakat juga dapat membentuk Kampung Siaga Bencana. Tujuannya guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan," katanya. 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Blitar Rini menyampaikan bahwa, berdasarkan laporan masuk dari Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD), hingga kini total keseluruhan bangunan rusak akibat bencana alam gempa bumi yang terjadi 21 Mei sebanyak 113 unit. 

"Jumlah tersebut sifatnya masih sementara karena setiap saat datanya pasti berubah - ubah menyesuaikan laporan dari setiap wilayah. Kita upayakan, dua hari kedepan data kerusakan bangunan di Kabupaten Blitar tuntas dan selanjutnya kita laporkan ke pusat untuk proses pemberian bantuan," imbuhnya.  

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aris Danu
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya