SUARA INDONESIA

159 Bangunan Rusak Akibat Gempa, Bupati Blitar Rini Minta Masyarakat Tetap Tenang dan Waspada

Aris Danu - 23 May 2021 | 08:05 - Dibaca 1.04k kali
Peristiwa Daerah 159 Bangunan Rusak Akibat Gempa, Bupati Blitar Rini Minta Masyarakat Tetap Tenang dan Waspada
Bupati Blitar Rini Syarifah

Blitar - Bupati Blitar Rini Syarifah meminta masyarakat untuk tetap tenang dan siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana susulan. Mengingat, pada Jumat (21/05) lalu di wilayah setempat diguncang gempa berkekuatan 5,9 skala richter jadi harus waspada. 

Bupati Rini menyebut saat ini merupakan masa pemulihan sehingga dibutuhkan peran dari seluruh lapisan masyarakat agar dampak yang ditimbulkan gempa bumi dapat berjalan lancar. Jangan sampai dibiarkan karena bisa membuat mereka berlarut-larut dalam kesedihan. 

"Musibah ini adalah tanggung jawab bersama maka seyogyanya kita bantu supaya beban mereka berkurang. Jika tidak bisa dengan materi, kita bisa bantu dengan tenaga membersihkan puing - puing reruntuhan bangunan paska diterjang gempa bumi," kata Bupati Rini. 

Mak Rini sapaan akrabnya, berdasarkan update rekapitulasi data kerusakan hingga kini ada 159 bangunan rusak akibat gempa yang tersebar di 19 kecamatan. Dari jumlah itu, ada tiga kecamatan yang memiliki data kerusakan paling banyak yakni kecamatan Panggungrejo 28 unit, Kanigoro 22 unit dan Kesamben 18 unit. 

"Lalu kecamatan Bakung 8 unit, Binangun 13 unit, Doko 4 unit, Gandusari 5 unit, Garum 3 unit, Selopuro 5 unit, Selorejo 1 unit, Srengat 1 unit, Talun 7 unit, Wates 11 unit, Wlingi 5 unit, Wonodadi 1 unit, Wonotirto 6 unit, Kademangan 16 unit, Ponggok 4 unit dan Sutojayan 1 unit," terangnya.

Mak Rini menjelaskan, dari total keseluruhan, rata-rata kerusakan bangunan didominasi oleh rusak ringan sekitar 154 unit, sedangkan rusak sedang sebanyak 4 unit dan rusak berat ada 1 unit yakni di Kecamatan Talun. Ia berharap, update data terus dilakukan guna memastikan tidak ada yang tertinggal. 

"Saya minta pak Kades, Lurah dan Camat mengecek rumah warganya yang rusak serta segera melaporkan ke tingkat Kabupaten agar diverikasi ulang untuk nantinya bisa diberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak," imbuh Bupati Rini. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aris Danu
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV