SUARA INDONESIA

Dua Bacalon Kades Trirejo Purworejo Siap Berebut Kursi

Widiarto - 23 May 2021 | 15:05
Peristiwa Daerah Dua Bacalon Kades Trirejo Purworejo Siap Berebut Kursi

PURWOREJO - Desa Trirejo Kecamatan Loano, Purworejo, Jawa Tengah, dalam waktu dekat ini akan menggelar musyawarah Desa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Antar Waktu periode 2019-2025.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo, Agus Ari Setyadi, saat dikonfirmasi kontributor suaraindonesia.co.id, melalui telepon pada Minggu (23/5/2021).

Ia menjelaskan, jadwal pendaftaran Pilkades antar waktu Desa Trirejo yang telah dibuka sejak tanggal 23 April 2021 hingga tanggal 18 Mei 2021 lalu.

"Ada dua warga yang telah melengkapi berkas pendaftaran sebagai bakal calon kades. Keduanya yaitu bernama Andi Prasetiawan, warga asal Dusun Sejiwan Kidul RT 3 RW 2 Desa Trirejo dan Sri Puji Astuti, warga asal Dusun Sejiwan Kidul RT 2 RW 3," katanya.

"Sesuai tahapan,  Musyawarah Desa (Musdes) pilkades antar waktu Desa Trirejo direncanakan akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 13 Juli 2021 mendatang. Berbagai tahapan pelaksanaan Pilkades antar waktu sudah mulai dilaksanakan oleh panitia," lanjutnya.

Disampaikan, secara teknis proses pemilihan kepala desa antar waktu melalui musyawarah desa akan dilaksanakan di  desa setempat, dan hanya akan diikuti oleh 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilu terakhir yang ada di Desa Trirejo. 

"Secara data sementara dari jumlah wilayah yang ada yaitu Desa Trirejo terdiri atas 15 RT, 5 RW dan 4 Pedukuhan itu memiliki jumlah data sementara sesuai hasil Pilbup lalu ada 2200 DPT. Artinya jika hanya 10 persen pemilih nantinya hanya ada 220 peserta musdes  yang akan ikut dalam Pilkades antar waktu," jelasnya.

Sementara itu, salah seorang bakal calon Kades antar waktu Desa Trirejo, Andi Prasetiawan, kepada wartawan mengaku siap melanjutkan kepemimpinan Kepala Desa jika terpilih nanti.

Berbagai visi dan misi serta program telah disiapkan jika dirinya dipercaya untuk melanjutkan sebagai Kepala Desa Trirejo. 

"Harapan saya tidak ingin mulu-mulu, hanya ingin Desa Trirejo ini menjadi desa yang adem, tentrem dan masyarakat yang sejahtera," kata Andi saat ditemui dirumahnya pada Minggu (23/5/2021).

Namun demikian, lanjutnya, jika terpilih sebagai Kades nanti, dirinya berkeinginan ada keterbukaan dan transparansi anggaran desa, baik dari Kades, Bendahara, maupun BPD dan lainya. 

"Mau open manajemen, artinya semua harus transparan, bantuan seperti bansos, bedah rumah dan lainya, semua harus transparan, baik dari bendaranya, kadesnya dan BPD. Semua yang dilaksanakan harus ada satu persetujuan dari semuanya. Intinya ingin menjadikan pemerintah desa yang anti korupsi, dan anti pungli," jelasnya. 

Tak hanya itu, sosok Andi yang suka dengan hobi bonsai tanaman itu, juga berencana akan memperbaiki persoalan pertanian dengan membenahi irigasi air agar lebih lancar, memperbaiki jalan, penerangan jalan, memperbaiki balai desa, membantu mengatasi masalah pupuk, menghidupkan pasar desa dan menghidupkan Bumdes Trirejo.

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV