SUARA INDONESIA

Panggil Empat OPD, DPRD Trenggalek Awasi Penggunaan Dana Covid-19

Rudi Yuni - 25 May 2021 | 15:05 - Dibaca 491 kali
Peristiwa Daerah Panggil Empat OPD, DPRD Trenggalek Awasi Penggunaan Dana Covid-19
Rapat Komisi IV bersama OPD mitra

TRENGGALEK - Usai refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 disepakati oleh Banggar dan TAPD beberapa minggu lalu dan anggaran telah bisa digunakan oleh OPD. Komisi IV DPRD Trenggalek langsung menggelar rapat bersama empat OPD mitra untuk melakukan pengawasan dan evaluasi.

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Direktur RSUD dr. Soedomo, Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Beberapa Dinas tersebut merupakan Dinas yang mengelola anggaran refocusing dalam penanganan wabah Covid-19.

"Ada empat OPD yang kita undang untuk kita awasi dan evaluasi penggunaan anggaran penanganan Covid-19 di tahun ini,"  kata Mugianto Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek usai rapat di aula gedung DPRD," Selasa (25/5/2021).

Lanjut Mugianto, karena sesuai tugas dan fungsi OPD mitra Komisi harus diawasi dan di kontrol dalam pengelolaan dan penggunaan anggaran. ,Karena beberapa OPD telah diberikan amanah untuk mengelola anggaran penanganan Covid-19 dan itu memang harus dikawal.

Kontrol disini agar anggaran yang diminta oleh OPD untuk penanganan Covid-19 telah sesuai kebutuhan dan penerapan di masing-masing OPD. Tidak hanya itu, komisi IV juga ingin melihat sebenarnya berapa jumlah pasti kebutuhan untuk penanganan Covid-19 tahun ini.

"Jika penanganan Covid-19 maksimal, anggaran yang telah disediakan jangan sampai kurang. Malah semua berharap kalau bisa tersisa dengan turunnya angka kasus Covid-19," pintanya.

Sedangkan pengawasan dan kontrol ini disampaikan Mugianto akan dilakukan setiap setiap minggu hingga setiap bulannya, karena dalam perencanaan awal OPD sudah mengajukan kebutuhan dan kegiatan dalam setiap bulan, sehingga harus dipastikan bahwa anggaran tersebut sesuai kebutuhan. 

Komisi IV akan terus memantau dan mendampingi agar pembelanjaan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Alhasil hingga saat ini pelaksanaan penggunaan anggaran masih normal dan sesuai rencana, bisa dikatakan belum ada temuan. 

"Intinya semua telah berjalan sesuai rencana kebutuhan diawali adanya kesepakatan Banggar dan TAPD anggaran sudah bisa dilakukan," ungkapnya.

Tidak hanya evaluasi dalam konteks anggaran, Mugianto menambahkan juga mengawasi penanganan Covid-19 dengan melakukan kontrol, cek dan evaluasi. Hal itu dilakukan untuk mengetahui perkembangan Covid-19 setelah hari raya idul fitr

Alhasil dari pemaparan, angka kasus Covid-19 di Trenggalek bisa dibilang menurun dan membaik dalam penanganan. Sehingga itu bisa dikatakan target menuju zona kuning dan hijau bisa dilalui dengan memaksimalkan penanganan.

"Jadi harus seimbang, jangan menggunakan anggaran sesuai keinginan namun gunakan anggaran sesuai kebutuhan," ucap Mugianto menegaskan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya