SUARA INDONESIA

BKKBN Monitoring Pelayanan KB pada Masa Pandemi di Kabupaten Purworejo

Agus Sulistya - 25 May 2021 | 21:05
Peristiwa Daerah BKKBN Monitoring Pelayanan KB pada Masa Pandemi di Kabupaten Purworejo

PURWOREJO - Evaluasi dan monitoring program pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dengan Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) dilaksanakan oleh Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Purworejo berkerja sama dengan Kodim 0708 Purworejo di Desa Jogoboyo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (25/05/2021).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 50 aseptor dari tiga yaitu Kecamatan Purwodadi, Kecamatan Ngombol dan Kecamatan Grabag dengan pelayanan berupa IUD, Implant, MOW dan MOP.

Maria Evi Ratnawati selaku Direktur Bina Pelayanan KB BKKBN mengatakan, evaluasi dan monitoring tersebut sebagai upaya untuk mengetahui bagaimana pelayanan KB pada masa pandemi seperti sekarang.

"Kami berharap pelayanan KB di Kabupaten Purworejo tidak terhambat sehingga bisa menjadi contoh untuk daerah yang lain dan kami jugq ucapkan terimq kasih kepada TNI dan Polri yang turut serta melakukan pendampingan dan mencari aseptor baru," katanya.

Selanjutnya, Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti mengungkapkan, pada Tahun 2021 Kabupaten Purworejo mendapatkan dana alokasi khusus non fisik yaitu Bantuan Operasi Keluarga Berencana ( BOKB).

"Program KB merupakan upaya yang sangat penting dan strategis untuk menekan laju pertumbuhan jumlah penduduk. Keberhasilan ini dapat di capai apabila ada komitmen bersama antara pemerintah pusat dan daerah," ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0708 Purworejo, Letkol Inf. Lukman Hakim melalui Kapten Inf. Amat Kurdi selaku Danramil 14 Purwodadi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program semester 1 Tahun 2021  dengan melakukan pendampingan program KB dan mencari aseptor baru melalui babinsa di desa binaan. 

"Kami dari TNI akan selalu berpartisipasi aktif membantu pemerintah daerah dalam menekan perkembangan penduduk melalui program KB," singkatnya.

Terlihat hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Bina Pelayanan KB BKKBN Maria Evi Ratnawati, di dampingi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Widwiono, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Kepala Dinas Kependudukan KB PPPA Kabupaten Purworejo Kuswantoro dan Forkompincam Kecamatan Purwodadi.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV