SUARA INDONESIA

Jaga Lingkungan, Ratusan Pemuda di Tuban Bersihkan Tumpukan Sampah

Achmad Junaidi - 26 May 2021 | 20:05
Peristiwa Daerah Jaga Lingkungan, Ratusan Pemuda di Tuban Bersihkan Tumpukan Sampah

TUBAN - Ratusan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Tunas Harapan Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, menggelar aksi bersih-bersih sampah di sungai dan lahan kosong disekitar pemukiman warga setempat. 

Ketua Karang Taruna (Kartar) Tunas Harapan Desa Kesamben, Hilmi Adiy Kurniawan menjelaskan, aksi seruan bersih-bersih sampah di sungai dan di lahan kosong yang berdekatan dengan pemukiman warga ini mengingat banyaknya sampah minum akibat minumnya kesadaran masyarakat. 

"Kita dari Kartar mempunyai ide untuk bersih-bersih, karena mengingat sampah-sampah ini tidak teratur. Terlebih ditengah-tengah pemukiman warga," ungkap Hilmi Adiy Kurniawan saat dikonfirmasi oleh suaraindonesia.co.id. Rabu, (26/05/2021).

Hilmi sapaan akrabnya juga menambahkan, selain anggota Kartar, dalam seruan aksi bersih ini juga melibatkan sejumlah pemuda dari berbagai organisasi maupun lembaga yang bergelut dibidang lingkungan. 

"Selain Kartar, yang kami mengundang sekitar 100 pemuda baik dari organisasi atau lembaga yang ada di wilayah desa sini. Seperti SMP Negeri Plumpang dan MTs Al hidayah Desa Kesamben," terang Hilmi.

Lebih lanjut, para pemuda yang melakukan kegiatan tersebut, juga dihadiri dari perwakilan Pemerintah Desa setempat dan mendapatkan respon positif dari masyarakat.

"Kita kan bersih-bersihnya ada di dua titik. Saat bersih-bersih di lahan kosong yang berdekatan dengan pemukiman warga. Dengan kegiatan bersih-bersih ini, kami juga mendapat respon positif dari warga," imbuhnya.

Sementara itu, saat disinggung soal banyaknya sampah disana. Kata Hilmi, warga setempat sering membuang sampah disitu karena tidak ada lagi solusi atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Kita masih proses kajian untuk TPA. Setelah itu, baru kita pengajuan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tuban. Bahkan tadi sampah kita juga diangkut oleh DLH untuk dibuang ke TPA," tambahnya.

Hilmi berharap, setelah adanya bersih-bersih yang dilakukan oleh ratusan pemuda ini, kedepan warga sekitar juga dapat ikut berpartisipasi dengan tetap menjaga lingkungan agar lebih bersih.

"Kami juga berharap kepada Pemerintah Desa dan beberapa pihak terkait untuk memberikan solusi akhir dari permasalahan ini," pungkasnya. (Diah/Nang). 

Pewarta : Achmad Junaidi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV