SUARA INDONESIA

Panjat Tebing di Trenggalek Masuk Program Unggulan 100 Desa Wisata

Rudi Yuni - 27 May 2021 | 14:05 - Dibaca 823 kali
Peristiwa Daerah Panjat Tebing di Trenggalek Masuk Program Unggulan 100 Desa Wisata
Mas Syah saat saksikan peserta panjat tebing

TRENGGALEK - Olahraga dengan minat khusus bakal masuk di program 100 desa wisata yang merupakan unggulan Pemerintah Kabupaten Trengggalek.

Salah satunya olahraga panjat tebing, yang diinisiasi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Dengan target realisasi 35 desa di tahun ini pengembangan desa wisata ini melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

"Kita melihat kondisi alam yang mendukung, sehingga sangat cocok panjat tebing ini dipadukan dengan program 100 desa wisata," kata Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara, Kamis (27/5/2021).

Lanjut Mas Syah sapaan akrabnya, dengan olahraga minat khusus akan semakin menarik jika dimasukkan, salah satunya olahraga pemacu adrenalin yakni olahraga panjat tebing. 

Alasan memilih wisata sebagai program unggulan karena desa wisata punya banyak sekali efek yang di timbulkan. Banyak efek domino yang ditimbulkan ketika sebuah wisata di satu desa itu bisa dibuka.

"Efek tersebut bahkan mampu meningkatkan perputaran ekonomi, apalagi dukungan alam akan menjadi wisata yang dikelola akan sangat bagus," ucapnya.

Mas Syah juga menjelaskan, seperti yang telah berjalan di Saung Ledokan Widoro (SLOW), disana setiap bulannya bisa bermanfaat tidak hanya untuk satu, dua, tiga orang. Namun minimal bisa menghidupi sekian ratus masyarakat desa yang bersangkutan.

Dengan beberapa alasan itu, pihaknya mengajak komunitas seperti FPTI memiliki tanggung jawab dalam menjaga serta mengembangkan tempat wisata seperti di Tebing Prongos Telung Lintang. 

Pihaknya juga berharap kegiatan serupa banyak digelar sehingga dapat mengembangkan potensi wisata yang ada di desa-desa lain di Trenggalek. 

Meskipun berjalan dengan tertatih-tatih karena kondisi sedang dalam masa pandemi, tapi pemkab berharap semangat olahraga dan semangat untuk berjuang seperti semangat memanjat ke atas tebing.

"Semua akan diaplikasikan untuk mengembangkan potensi wisata yang ada. Mau bagaimana semua alam di Trenggalek telah mendukung potensi itu," ungkap Mas Syah.
 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya