SUARA INDONESIA

Jelang Pelantikan, Bupati Purworejo Ajak Kades Terpilih Jaga Kondusifitas Desa

Widiarto - 27 May 2021 | 15:05 - Dibaca 865 kali
Peristiwa Daerah Jelang Pelantikan, Bupati Purworejo Ajak Kades Terpilih Jaga Kondusifitas Desa
Bupati Purworejo, Agus Bastian, saat memberikan pengarahan kepada calon kades terpilih dalam pilkades serentak 2021 di pendopo kabupaten Purworejo, pada Kamis (27/5/2021)

PURWOREJO-Bupati Purworejo, Jawa Tengah, Agus Bastian, mengajak para Kepala Desa terpilih dalam Pilkades serentak 2021 dan Pilkades antar waktu, untuk senantiasa turut mewujudkan suasana kondusif di desanya masing-masing, utamanya pasca pilkades serentak.

Ajakan itu disampaikan Bupati dalam acara pengarahan kepada 41 calon kades terpilih dalam pilkades serentak 2021 dan 2 calon kades terpilih dalam pilkades antar waktu, menjelang pelantikan pilkades, di Pendopo Kabupaten Purworejo, Kamis (27/5/2021).

“Sembari menanti pelaksanaan pelantikan, para calon kepala desa terpilih diharapkan senantiasa turut mewujudkan suasana kondusif di desa masing-masing, utamanya paska pilkades serentak,” kata Bupati dihadapan para kades terpilih.

Menurut Bupati, biasanya suasana pilkades panasnya lebih awet daripada pilkada, bahkan bisa saja masih terbawa suasananya sampai pilkades selanjutnya.

“Hal ini saya wanti-wanti betul jangan sampai terjadi, dan kepada para calon kades terpilih saya minta untuk sebaik-baiknya menjaga silaturahim dengan calon yang kalah. Lalu jalin sinergi yang baik dan ajak untuk bersama sama membangun desa sehingga akan terjadi suasana kondusif,” harapnya.

Dikatakan, bahwa dalam event demokrasi yang melibatkan banyak orang di tengah pandemi Covid-19 ini, tentu tidak sedikit permasalahan yang muncul. Sehingga permasalahan tersebut harus segera diselesaikan dengan tetap berpedoman pada ketentuan yang berlaku.

“Bagi para Calon Kepala Desa terpilih yang baru pertama menjabat saya minta dari sekarang sudah mempelajari tentang pemerintahan desa agar nantinya setelah dilantik bisa langsung bekerja dengan optimal. Dan saya titip kelola anggaran desa dengan sebaik-baiknya, tidak usah neko neko. Saya tidak ingin ada Kepala Desa yang berurusan dengan hukum, dan saya yakin nantinya bapak dan ibu mampu menjadi ujung tombak dalam geliat pembangunan desa,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo, Agus Ari Setiyadi, mengatakan, bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan arahan kepada calon kepala desa terpilih berkaitan dengan persiapan pelantikan yang akan di laksanakan pada 30 Juni 2021 mendatang serta memberikan gambaran secara umum akan tugas dan tanggungjawab sebagai Kepala Desa.

“Ini semacam pendampingan kepada calon kepala desa terpilih, dan kebetulan juga dari hasil pilkades serentak kemarin itu lebih banyak . Jadi kita akan lebih fokus untuk memberikan pandangan dalam lingkup pemerintahan desa sedini mungkin, agar nantinya pemerintahan desa dapat berjalan dengan baik,transparan dan akuntabel,” ujarya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya