SUARA INDONESIA

Gus Loh Kembali Terpilih Jadi Ketua PCNU Trengggalek Melalui Konfercab

Rudi Yuni - 27 May 2021 | 20:05
Peristiwa Daerah Gus Loh Kembali Terpilih Jadi Ketua PCNU Trengggalek Melalui Konfercab

TRENGGALEK - KH. Moh. Fatchulloh Sholeh atau biasa disapa Gus Loh kembali terpilih menjadi Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Trengggalek periode 2021-2026.

Gus Loh terpilih menjadi orang nomor satu di NU Trengggalek secara aklamasi dalam Konferensi Cabang (Konfercab) XV yang digelar di PP. Al-Anwar Ngadirenggo, Pogalan, pada Kamis (27/5/2021).

Dalam Konfercab kali ini juga telah dipilih Rais Syuriah PCNU Trengggalek yakni KH. Mastur Ali melalui Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa).

Ahsanul Haq selaku pengurus PWNU Jatim usai memimpin sidang pemilihan menyampaikan bahwa Gus Loh telah dipilih melalui aklamasi atau musyawarah mufakat sebagai Ketua PCNU Trengggalek periode 2021-2026.

"Pemilihan diikuti oleh peserta yang memiliki hak suara dalam konferensi, mulai dari pengurus MWC dan Ranting se-Kabupaten," ucapnya.

Kiai Ahsan biasa disapa juga menjelaskan dalam proses pemilihan setelah adanya nama calon yang diajukan sebagai ketua kepada MWC, ternyata semua menghendaki dan bersepakat bahwa Gus Loh sebagai Ketua PCNU terpilih berikutnya.

Meskipun telah mengantongi nama calon ketua, juga diberikan kesempatan kepada peserta untuk mengusulkan nama calon ketua, barangkali terdapat opsi nama yang lain.

"Dari sejumlah peserta yang mengajukan pendapat, muncullah nama KH. Abdul Latief atau Gus Latief," ucapnya.

Kendati sudah ada usulan nama,  mengingat hanya ada dua peserta yang mengajukan nama Gus Latief dan tidak ada gagasan yang muncul lainnya, maka forum memutuskan untuk memilih dan menetapkan Gus Loh sebagai ketua terpilih.

“Meski ada beberapa suara mengusulkan Gus Latif, tapi yang namanya musyawarah mufakat, suara kecil mengikuti suara yang terbanyak,” lanjut Kiai Ahsan.

Sesuai dengan mekanisme pemilihan Kiai Ahsan juga menerangkan bahwa sebelum ketua terpilih ditetapkan, pimpinan sidang menyodorkan nama yang diusulkan peserta kepada Rois Syuriah terpilih, yaitu KH. Mastur Ali.

Alhasil Mastur Ali yang dipilih oleh AHWA sesaat sebelumnya melalui sambutannya di depan forum menerima nama Gus Loh yang diusulkan oleh peserta.

"Jadi Rois Syuriah juga telah menyatakan persetujuannya jika Gus Loh sebagai Ketua PCNU berikutnya," tutup Kiai Ahsan.

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV