SUARA INDONESIA

Kunker ke Polda Kalsel, DPR Kalteng Apresiasi Langkah Kapolda

Ari - 28 May 2021 | 20:05
Peristiwa Daerah Kunker ke Polda Kalsel, DPR Kalteng Apresiasi Langkah Kapolda

KALSEL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) geler kunjungan kerja ke Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (27/5/2021).

Kedatangan rombongan Komisi I DPRD Kalteng di Polda Kalsel ini dalam rangka Koordinasi dan Kaji Banding tentang Penambahan Kouta Bintara Polri dengan Skema Biaya Pendidikan Bintara dari Anggaran yang bersumber dari APBD Provinsi dan Kabupaten.

Dalam pertemuan tersebut Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, menyampaikan apa yang diterapkan oleh Polda Kalsel dalam penerimaan anggota Polri tahun 2021 ini sangat baik dan dapat menjadi contoh untuk Polda lain di Indonesia khususnya Polda Kalteng sendiri.

Menurutnya, apa yang diterapkan oleh Polda Kalsel dalam penerimaan anggota Polri tahun 2021 ini sangat baik dan dapat menjadi contoh untuk Polda lain di Indonesia khususnya Polda Kalteng sendiri.

"Melalui Kaji Banding ini, diharapkan mendapat banyak informasi yang diperlukan agar bisa disampaikan ke Polda Kalteng untuk dapat diterapkan dalam merekrut anggota Polri yang jauh lebih baik lagi ke depannya sebagai wujud menuju Polri yang Presisi," ucapnya.

Sementara itu Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto melalui Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Nanang Masbudi mengapresiasi kedatangan DPRD untuk kunjungan kerja.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan berdasarkan dari data yang ada, jumlah personel Polda Kalsel saat ini sekitar 5.934 personel bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Provinsi Kalsel yang sekitar 4,3 juta jiwa, dapat dikatakan 1 anggota Polri mengcover 725 orang.

Menurutnya, rasio tersebut belum ideal berdasarkan rasio yang sudah ditetapkan oleh PBB yaitu 1 : 450, dimana Polda Kalsel masih memiliki minus 7.930 personel untuk memperkuat jajaran Polres hingga Polsek.

Lebih lanjut dikatakan oleh Karo SDM, merujuk pada kuota penerimaan Bintara Polri TA.2020 dan TA.2021 yaitu sebanyak 223 dan 246 siswa, tentu akan menjadi kendala dalam memenuhi rasio tersebut.

"Atas dasar tersebut Polda Kalsel telah melaksanakan rapat koordinasi dengan Pemprov Kalsel untuk dapat memberikan bantuan serta mengakomodir penambahan kuota penerimaan Bintara Polri TA.2021 dengan skema anggaran yang bersumber dari APBD provinsi dan kabupaten," ujarnya.

Pewarta : Ari
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV