SUARA INDONESIA

Puluhan Komunitas Pecinta Alam di Ciamis, Gelar Hari Lingkungan Hidup

- 01 June 2021 | 16:06
Peristiwa Daerah Puluhan Komunitas Pecinta Alam di Ciamis, Gelar Hari Lingkungan Hidup

CIAMIS - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan dan Hari Pancasila, Paguyuban Sadar Lingkungan dan beberapa Komunitas Pecinta Alam Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya, menggelar acara pembagian bibit pohon dan susur limbah di Situ Lengkong Panjalu Ciamis, Selasa (1/6/2021).

Ada sekitar 1.300 bibit pohon jenis Sengon dan Durian untuk dibagikan ke Desa-desa di Kecamatan Panjalu oleh para komunitas pecinta alam dan sadar lingkungan dari Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya.

Salah satu penyuluh dari Dinas Kehutanan Kabupaten Ciamis, yang turut menghadiri acara tersebut, Amin Budiman mengatakan acara hari Lingkungan Hidup ini patut jadi percontohan oleh kecamatan-kecamatan lain yang ada di Ciamis.

"Terimakasih juga kepada komunitas-komunitas alam dan sadar lingkungan yang telah mengadakan acara ini, sehingga masyarakat yang ada di sekitar situ lengkong panjalu lebih tergugah hatinya akan pentingnya menjaga kebersihan situ (danau) dari limbah," ungkapnya.

Untuk adik-adik pecinta lingkungan dan alam, lanjut Amin, bahwa ini jangan sampai berakhir disini. Untuk itu, ke depan terus lanjutkan aksi lagi dalam gerakan menanam poho dan memelihara alam.

"Bahwa untuk menjaga lingkungan ini, untuk menjaga alam, bukan tanggung jawab individu, namun tanggung jawab kita semua, demi kelestarian alam di lingkungan panjalu dan sekitarnya," ucapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Panjalu, Yuyus Surya Adinegara, ia mengatakan acara ini sebagai pintu atau tolak ukur bagi generasi ke depan untuk menjaga lingkungan dan mencintai alam.

"Apalagi, saat ini, wisata situ lengkong panjalu sedang membutuhkan perhatian dari semua pihak dalam kelestarian alam dan perhatian dari manusia itu sendiri," jelasnya.

Kemudian, kata Yuyus, momen ini antar manusia dengan alam bisa seimbang. Dan kebersihan air di situ lengkong akan terjaga dari limbah-limbah yang akan merusak keindahan dan kelestarian.

"Saya berharap, ke depan wisata situ lengkong panjalu ini menjadi wisata alam yang terjaga kebersihan dan kelestariannya," tandasnya.

Pewarta :
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV