SUARA INDONESIA

Tol Tuban Masuk Pembahasan, PUPR Tuban: Rutenya Bisa Saja Berubah

Achmad Junaidi - 02 June 2021 | 11:06
Peristiwa Daerah Tol Tuban Masuk Pembahasan, PUPR Tuban: Rutenya Bisa Saja Berubah

TUBAN - Rencana pembangunan tol Tuban yang di bagi menjadi tiga ruas diantaranya Manyar-Tuban, Tuban-Demak dan Ngawi-Bojonegoro-Lamongan-Tuban-Manyar Gresik, sudah masuk dalam pembahasan. 

Hal itu, disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tuban, Agung Supriyadi. 

"Pada bulan April 2021 ini kita rapat terkait rencana pembangunan jalan tol Tuban ke Surabaya," ucap Agung Supriyadi kepada suaraindonesia.co.id, Rabu (2/6/2021).

Agung sapaan akrabnya menuturkan, bahwa dalam rapat tingkat Provinsi membahas tentang skema pendanaan serta pemberian tugas. 

"Jalan tol itu skema pendanaannya secara KPBU (Kerja sama dengan Badan Usaha). Dan juga menugaskan DPM PTSP Provinsi untuk menggandeng atau mencari investor yang berminat," imbuhnya.

Sementara itu, jika melihat Peraturan Daerah (Perda) No 17 Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTW) bahwa pintu masuk tol dari Jawa Tengah ke Tuban berada di Kecamatan Jatirogo.

Selanjutnya rute berlanjut di Kecamatan Tambakboyo, Kecamatan Kerek, Kecamatan Montong, Kecamatan Grabagan, Kecamatan Semanding, dan Kecamatan Palang.

Dimana Agung menyebut rute yang digambarkan Perda tersebut belum bisa dipastikan. Karena bisa saja berubah sesuai kebijakan investor.

"Bisa saja berubah tidak sama dengan Perda itu. Nantinya juga tergantung analisa dan estimasi kebijakan dari investor yang akan menentukan, karena sekali lagi pendanaanya ada dari investor juga," katanya.

Disinggung soal apakah sudah ada investor yang masuk dan bagaimana mekanisme pengadaan tanah, Agung mengatakan belum bisa menjawab itu.

"Untuk investor belum ada info. Serta untuk yang lain nanti ranah Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat sebagai leading sektornya," tutup Agung.

Sekedar diketahui, pembangunan jalan tol Demak-Tuban-Gresik diperkirakan memiliki panjang 236 kilometer tersebut masih dalam pengkajian studi kelayakan, dan sebagai prakarsa dalam proyek tersebut ialah PT Jasa Marga (Persero) Tbk. 

Sedangkan data dari Badan Pengaturan Jalan Tol, mengestimasikan investasi jalan tol Gresik-Tuban-Demak mencapai Rp67,95 triliun. (Irq/Nang). 

Pewarta : Achmad Junaidi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV