SUARA INDONESIA

Ditengah Wabah Covid-19, Deteksi Dini Kesehatan Masyarakat Digalakkan Pemkab Trenggalek

Rudi Yuni - 02 June 2021 | 17:06
Peristiwa Daerah Ditengah Wabah Covid-19, Deteksi Dini Kesehatan Masyarakat Digalakkan Pemkab Trenggalek

TRENGGALEK - Deteksi dini terhadap kesehatan masyarakat terus dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Trengggalek. Pelaksanaan itu dilakukan melalui program Harapan Masyarakat Optimis Untuk Hidup Sehat (Harmonis) Mantap.

Target utama program tersebut adalah untuk menjaga kesehatan warga di tengah wabah Covid 19 yang saat ini tengah berlangsung. Dengan mengedepankan cek kesehatan gratis akan mendorong keinginan masyarakat untuk mendeteksi kesehatan sejak dini.

"Program sinergis antara Polres bersama Pemkab ini sangat dibutuhkan masyarakat, utamanya dalam menjaga kesehatan warga di tengah wabah Covid 19," kata Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara usai peninjauan cek kesehatan di Desa Gondang Kecamatan Tugu, Rabu (2/6/2021).

Lanjut Mas Syah sapaan akrabnya menjelaskan bahwa program ini lebih kearah sisi promotif preventif kesehatan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat. Program ini nantinya akan dilaksanakan secara berkelanjutan, utamanya bagi warga lansia yang berumur 50 tahun ke atas.

Seperti yang dilaksanakan di Desa Gondang ini, selain pemeriksaan kesehatan, kurang lebih sebanyak 80 lansia yang menjadi sasaran program ini juga mendapatkan layanan vaksinasi Covid 19.

"Lansia ini dipilih karena di usianya sangat beresiko bila terjadi penularan Covid 19. Maka diharapkan mampu membentuk kekebalan komunal pada kalangan lansia menekan angka kematian akibat Covid-19," harapnya.

Masih menurut Mas Syah, banyak sekali gagasan, ide dan inovasi yang dilahirkan oleh Kapolres. Tidak hanya bersifat intern saja melainkan juga bermanfaat bagi masyarakat luas.

Pihaknya berharap program ini nantinya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bisa menambah harapan masyarakat untuk yakin bisa hidup sehat.

"Kita juga telah melihat program ini ada dokternya, ada suntik vaksinnya dan semoga bisa dilaksanakan di semua desa dan kecamatan agar seluruh masyarakat, agar kondisi bisa kembali normal lagi," tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Trenggalek AKBP Dony Satria Sembiring menyebut Harmonis Mantab ini ditujukan untuk menyadarkan masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat. 

Utamanya bagi para lansia, karena pada usia ini lebih cenderung adanya komorbit yang beresiko menyebabkan terjadinya kematian bila terpapar Covid. (adv)

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV