SUARA INDONESIA

Pemkab Kendal gelar Exspo UMKM Digital Untuk Meningkatkan Market

Amrizal Zulkarnain - 03 June 2021 | 15:06 - Dibaca 1.41k kali
Peristiwa Daerah Pemkab Kendal gelar Exspo UMKM Digital Untuk Meningkatkan Market
City Manager Central Java Grab Indonesia, Ramdhan Fitriadi (kiri), Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng, M. Firdaus Muttaqin (kanan), Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, saat penandatangan kerjasama di Pendopo Kendal, Kamis 03/06/2021 (SIN/Zamroni)

Kendal- Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar Exspo UMKM Digital Kendal Tahun 2021, di Pendopo Kendal, Kamis (03/6/2021).

Exspo UMKM Digital Kendal Tahun 2021 itu diikuti oleh ratusan orang peserta.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengaucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak terkait dan pelaku UMKM di Kendal yang ikut mensukseskan acara tersebut.

“Mendorong dan mengembangkan UMKM Kendal merupakan salah satu visi-misi kami dalam menuju Kendal Handal dan Unggul. Kami juga punya misi dalam mewujudkan Kendal sebagai pusat industri dan pariwisata di Jateng yang mandiri, berprestasi, berdayasaing dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” kata Dico.

Dico menambahkan, dengan mendukung dan mendorong UMKM di digitalisasi, dirinya meyakini UMKM di Kendal dapat menciptakan industri yang mandiri, adaptif, dan berkelanjutan. 

“Kegiatan ini merupakan rangkaian upaya Pemkab Kendal dalam memberikan dukungan dan semangat kepada pelaku UMKM Kendal untuk mendukung percepatan digitalisasi UMKM di Kendal,” paparnya.

Dico melanjutkan, Pemkab Kendal mempunyai 31.000 UMKM berskala mikro dengan 9.446 UMKM yang sudah terdaftar dalam sistem ODS (Online Data Sistem).

Dari 9.446 UMKM ada 3.029 UMKM yang sudah diberikan pendampingan kelembagaan dan usaha. Selain itu ada 2.561 UMKM juga sudah diberikan dukungan fasilitasi pelatihan.

“Saya berharap pelaku UMKM Kendal dapat menembus pasar global melalui pemanfaatan teknologi digital,” harapnya.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng, M. Firdaus Muttaqin mengatakan bahwa, dirinya sangat bangga bisa menyaksikan launching UMKM Digital Expo 2021 di Kendal.

Menurutnya, Expo ini memberikan bukti tingginya dukungan semua pihak untuk memajukan UMKM di Kendal.

“Secara nasional, UMKM memiliki peranan penting dan strategis dalam struktur perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan besar terhadap PDB sebesar 61,1%, penyerapan tenaga kerja 90,1%, dan ekspor 14,4%. Dalam kondisi pandemi saat ini, UMKM diharapkan dapat menjadi lebih inovatif baik dalam hal peningkatan penggunaan platform digital maupun perluasan pemasaran ke pasar ekspor,” terangnya.

“Dengan demikian, semua pihak diharapkan selalu berupaya untuk terus mendorong perkembangan UMKM menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,” lanjut Firdaus.

Sementara itu, Kepala Disperinkop UKM Kendal, Kuncahyadi mengatatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini ialah untuk Memfasilitasi pemberdayaan UMKM melalui promosi potensi dan produk-produk unggulan yang ada di Kabupaten Kendal.

“Hal ini dilakukan untuk mendorong UMKM supaya bisa bersaing dalam percepatan digital (go digital) sehingga bisa diharapkan untuk mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kendal,” terangnya.

Sementara, City Manager Central Java Grab Indonesia, Ramdhan Fitriadi, mengatakan bahwa, kehadiran Grab di Kendal adalah salah satu upaya untuk memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal.

“Kita akan melakukan transaksi jual beli melalui digitalisasi, karena tidak membutuhkan biaya, dan ini langkah yang bagus untuk mengbangkan usaha. Selain itu, sarana informasi dan inspirasi dari pengusaha juga memperluas pasar, pendapatan, dan pertumbuhan UMKM di Kabupaten Kendal,” tandasnya.

“Selain itu, ini kita lakuakan juga untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan ekonomi masyarakat di masa pandemi inmengingat kondisi pandemi ini merubah tatanan sosial, sehingga Grab ingin mendigitalisasi UMKM di Kendal,” lanjutnya.

Turut hadir dalam acara itu, Bupati-Wakil Bupati Kendal, Dico M Ganinduto- Windu Suko Basuki, Kepala Dinas Perindustian, Koperasi dan UKM Kendal dan Kepala OPD terkait, City Manager Central Java PT.Grab, Kepala Bidang Standarisasi Produksi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Baihaki. S.Sos yang diwakili oleh Herustiati Staf Ahli Menkop UKM melalui virtual.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV