SUARA INDONESIA

Pemkab Ponorogo Bangun Sumur Dalam, Program Prioritas Pertanian

Andre Prisna - 03 June 2021 | 16:06 - Dibaca 693 kali
Peristiwa Daerah Pemkab Ponorogo Bangun Sumur Dalam, Program Prioritas Pertanian
Sugiri Sancoko (baju putih) saat melaunching sumur dalam di Desa Duri, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo

PONOROGO - Pemerintah Kabupaten Ponorogo membangun sejumlah sumur atau irigasi tanah dalam yang merupakan program prioritas di bidang pertanian. 

Salah satunya, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko melaunching sumur atau irigasi tanah dalam di Desa Duri, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Kamis (3/6/2021).

Menurut Kang Giri (panggilan akrabnya) mengatakan, ini merupakan bagian dari program 99 hari kerja dan nawa dharma nyata Ponorogo hebat di sektor pertanian.

"Satu sumur atau irigasi tanah dalam ini bisa mengairi kurang lebih 20 hektar lahan pertanian. Karena bagaimanapun juga, asupan air dibutuhkan oleh petani," jelasnya.

Pelaksanaan pembangunan swakelola padat karya ini sesuai Permentan nomor 02 tahun 2021. Sumur irigasi tanah dalam bersumber dari anggaran pusat sebanyak 5 titik. Sedangkan 20 titik dari dana bagi hasil bea cukai tembakau.

"Melalui dinas pertanian, sumur atau irigasi tanah dalam ini dibangun sebanyak 25 titik yang tersebar di kelompok tani (poktan) Ponorogo. Terbagi dari 21 desa dan di 9 kecamatan," imbuhnya.

Pada intinya dari 15.988 sawah di Ponorogo, saat ini sudah ada sebanyak 388 sumur dalam. Artinya, jika satu sumur dalam itu untuk 20 hektar, maka dibutuhkan 414 unit (sumur) lagi.

"Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan air dan memperluas produktivitas lahan pertanian," jlentrehnya.

Pihaknya juga meminta sumur irigasi tanah dalam ini juga diimbangi dengan sumur resapan. Tentunya program ini untuk meningkatkan komoditas tanaman terutama padi di Ponorogo.

"Ibarat kata, kita ini berhutang air di bumi. Maka limpahan air tak boleh lari kemana-mana, asalnya dari tanah maka kembalinya harus sama," tandasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Andre Prisna
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya