SUARA INDONESIA

Apresiasi Hasil Karya Siswa, SMPN 17 Purworejo Gelar Pameran

Widiarto - 04 June 2021 | 16:06
Peristiwa Daerah Apresiasi Hasil Karya Siswa, SMPN 17 Purworejo Gelar Pameran

PURWOREJO-SMP Negeri 17 Purworejo, Jawa Tengah, menggelar pameran hasil karya siswa tahun 2021. Pameran yang dikemas dalam Galeri Dermaga Karya Siswa Spentulas dengan tema semangat berkarya, tetap solid walaupun covid dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan sekolah terhadap hasil karya seluruh siswa. 

Pameran dibuka secara resmi oleh Ketua Komite Sekolah, H Ansor Mansyur bersama Kepala SMP Negeri 17 Purworejo, Dra Dwi Endah Prihatiningsih, dengan ditandai pemotongan pita, pada Jumat (4/6/2021). 

Dengan mengambil tempat ruang kelas multimedia, ruang kelas disulap menjadi galeri pameran aneka jenis ketrampilan hasil karya siswa. Berbagai jenis karya siswa diantaranya bambu work, coconut shell, ice cream stick, soap work, wooden work, wax work, painting glass, craft literacy ditata dan dipajang apik didalam galeri. Berbagai dekorasi dan spot photo turut memperindah dan melengkapi pameran hasil karya itu.

"Pameran ini sebagai bentuk apresiasi hasil karya siswa supaya siswa termotivasi untuk terus berkarya," ujar ketua panitia pameran sekaligus pembimbing, Tekky Renggani, saat ditemui disela pameran.

Dikatakan, pameran digelar setelah sekolah melihat hasil karya siswa dengan hasil bagus. Sekolah merasa sayang jika hanya disimpan saja, lalu muncul gagasan menggelar pameran. Hasil karya yang dipamerkan adalah hasil karya siswa terbaik selama membuat tugas mata pelajaran Prakarya ditahun 2021 ini.

"Kita punya ide lalu mengajak anak-anak, mereka sangat semangat dan akhirnya jadi pamerab seperti ini," katanya.

Pameran, lanjutnya, hanya digelar untuk kalangan warga sekolah sendiri dan saat-saat tertentu seperti saat ada kedatangan wali siswa dalam kegiatan pengumuman kelulusan, pembagian raport atau penerimaan siswa baru, wali murid akan diajak menyaksikan pameran ini. 

"Seperti perpustakaan yang menyediakan buku-buku dan kami ingin punya tempat untuk hasil karya sebagai galeri, yang jelas kita mendirikan suatu tempat untuk hasil karya anak, makanya kita namakan Dermaga Hasil Karya Siswa Spentulas, dengan harapan hasil karya siswa bisa dipajang dan dipamerkan di dalam galeri ini, sehingga bisa ditonton dan menjadi motivasi siswa agar bisa berkarya lebih baik lagi," jelasnya.

Kepala SMP Negeri 17 Purworejo, Dra Dwi Endah Prihatiningsih, mengatakan, dari 11 mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa dari kelas 7 hingga kelas 9 salah satunya ada pendidikan ketrampilan yaitu mata pelajaran Prakarya. Dimana dari hasil karya itu siswa dididik untuk bisa membangun kreatifitas menghasilkan sesuatu yang nantinya bisa membawa manfaat bagi dirinya. 

"Untuk itu perlu disediakan wadah yaitu yang bisa menampung aspirasi dari kreatifitas siswa yang akhirnya bisa ditunjukkan kepada semua pihak, bahwa siswa SMP Negeri 17  Purworejo itu mampu menghasilkan suatu karya tidak hanya secara keilmuwan atau teoritis saja tetapi mereka mampu dididik untuk menghasilkan karya yang bagus seperti dalam pameran ini," katanya. 

Dirinya berharap, kedepan siswa ada inovasi untuk menghasilkan karya yang lebih baik dan bermanfaat jika lulus nanti, yaitu sebagai bekal dalam kehidupan dimasyarakat.

"Harapan kami setiap tahun bisa menampilkan kegiatan seperti ini, sebagai salah satu teknik untuk memacu kreatifitas inovasi siswa," ujarnya.

Sementara itu, siswa SMP Negeri 17 Purworejo, Suci Suswanti, Vika amalia dan Andini, mengaku senang hasil karya mereka bisa dikutsertakan dalam pameran itu. 

"Kegiatan pameran cukup memotivasi kita untuk lebih kreatif lagi kedepannya," pungkasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV