SUARA INDONESIA

Resmikan Kampung Pesona, Wali Kota Madiun Targetkan Penghargaan Nirwasita Tantra Jelang HUT ke 103

Septian - 05 June 2021 | 14:06
Peristiwa Daerah Resmikan Kampung Pesona, Wali Kota Madiun Targetkan Penghargaan Nirwasita Tantra Jelang HUT ke 103

MADIUN - Taman rintisan warga Kelurahan Madiun Lor yang biasa di sebut Kampung Pesona secara sah diresmikan oleh Wali Kota Madiun, Jumat (04/06/2021).

Taman yang merupakan hasil gagasan ide kreatif warga Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun itu dibangun sejak tahun 2017 silam. 

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas di bangunnya Kampung Pesona ini. Mengingat kawasan yang sebelumnya terkenal kumuh dan tanah keras bisa disulap menjadi sebuah ruang terbuka hijau yang memiliki fungsi taman wisata dan edukasi. 

"Fungsi kampung pesona sendiri adalah untuk refreshing masyarakat baik tua maupun muda. Disini bisa sharing dan tempat bermain anak anak serta yang paling kita upayakan adalah munculnya kelurahan mandiri," kata Maidi.

Terlebih Maidi menuturkan jika dengan kondisinya saat ini, Kampung Pesona menjadi destinasi rekreasi baru di Kota Madiun. Selain taman bunga dengan berbagai ornamen menarik, pengunjung bisa menikmati view Kali Madiun dari taman. Taman di Kampung Pesona juga bisa digunakan untuk event karena tersedia panggung dan area terbuka yg cukup luas.

"Dua tahun ini kita terus kebut untuk pembuatan lingkungan hidup, dan target kita di ulang tahun 103 tahun Kota Madiun mampu mendapat penghargaan Nirwasita Tantra yang lebih tinggi dari Adipura," tuturnya.

Nirwasita Tantra sendiri adalah penghargaan pemerintah untuk kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Sementara itu, Lurah Madiun Lor Tri Mardiana menuturkan kalau sore banyak orang tua yang mengajak anak-anaknya melihat kereta lewat. Jadi nanti kita buat tempat khusus supaya aman. Peristiwa tersebut menjadi semangat baru bagi Kampung Pesona untuk kian berbenah. 

Hal tersebut terbukti saat ini, Kampung Pesona telah menjadi kawasan wisata dan edukasi, bukan hanya bagi warga lokal Prajuritan saja, namun juga masyarakat Kota Madiun dan bahkan luar kota. Hal ini berimbas pada terbantunya roda perekonomian warga Prajuritan.

“Untuk dampak positifnya, otomatis yang ada di RW.4 ini, ada tambahan pendapatan untuk para ibu-ibu,” ujar Tri Mardiana. (Sep)

Pewarta : Septian
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV