SUARA INDONESIA

Viral Video Tak Senonoh, Dinparbud Purworejo Gencar Patroli Alun-alun

Widiarto - 07 June 2021 | 17:06
Peristiwa Daerah Viral Video Tak Senonoh, Dinparbud Purworejo Gencar Patroli Alun-alun

PURWOREJO-Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, gencar melakukan patroli dan memperketat pengawasan terhadap penggunaan fasilitas umum oleh masyarakat di alun-alun besar kota Purworejo.

Patroli digelar guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi kembali, pasca viralnya video tiga anak sekolah berseragam yang diduga melakukan adegan mesum di alun-alun Purworejo beberapa waktu lalu.

"Patroli telah dilakukan sejak Selasa (1/6/2021) lalu, kami juga berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purworejo untuk membantu patroli di Alun-alun Purworejo," kata Kepala Dinparbud Purworejo, Agung Wibowo, saat dikonfirmasi Senin (7/6/2021).

Dikatakan, sebagai bentuk antisipasi, Dinparbud sudah sejak lama membentuk UPT alun-alun yang bertugas sebagai pengelola dan melakukan pengawasan serta patroli di alun-alun kota Purworejo, bahkan di kawasan itu juga telah dilengkapi kamera CCTV.

"Tapi ya namanya kelengahan pasti ada, karena itu patroli sekarang lebih diperketat lagi," ujarnya.

Disampaikan, pengawasan oleh UPT alun-alun Purworejo dilakukan selama 24 jam baik melalui pengawasan CCTV maupun patroli oleh petugas. Terdapat delapan CCTV di setiap sudut aun-alun dan akan ditambah lagi kedepannya.

"Patroli oleh petugas UPT dilaksanakan 24 jam namun patroli dilakukan pada jam-jam tertentu dengan membagi petugas menjadi tiga shift, setiap saat mereka juga memantau melalui CCTV maupun keliling dengan berjalan kaki atau dengan naik sepeda," jelasnya.

Disebutkan, khusus untuk petugas patroli yang ada di UPT alun-alun Purworejo ada sebanyak sembilan personil. Jika pengunjung alun-alun terlihat ramai, petugas patroli akan dibantu oleh petugas di UPT alun-alun Purworejo yang lain.

"Seperti malam Sabtu atau malam Minggu biasanya akan dibantu petugas lain," tambahnya.

Dalam patroli, lanjutnya, petugas juga selalu melakukan komunikasi jika ada siswa sekolah yang berseragam berkunjung ke alun-alun Purworejo di masa waktu sekolah. Jika siswa tersebut memang mengerjakan tugas atau melakukan aktivitas pembelajaran lainnya, tetap diperbolehkan berkunjung.

"Karena kita tidak bisa serta merta melarang anak berseragam sekolah ke alun-alun, tapi jika ada anak-anak yang berseragam akan kita tanya, mereka hanya nongkrong atau memang ada aktifitas belajar, kalau hanya nongkrong akan kita suruh pulang," tegasnya.

Pihaknya menghimbau, jika melihat hal negatif di tempat umum, sebaiknya diingatkan dan bukan malah diviralkan. Karena hal negatif seperti itu adalah bukan untuk konsumsi di media sosial.

"Jangan malu, jangan takut untuk menegur hal-hal yang tidak pada tempatnya, kalau ada permasalahan koordinasikan dengan kami," pungkasnya.


 

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya