SUARA INDONESIA

Lestarikan Batik, PKK Purworejo Ajari Kader Membatik Tradisional dan Kekinian

Widiarto - 09 June 2021 | 08:06 - Dibaca 1.06k kali
Peristiwa Daerah Lestarikan Batik, PKK Purworejo Ajari Kader Membatik Tradisional dan Kekinian
Suasana pelatihan praktik membatik di gedung PKK kabupaten Purworejo, Rabu (9/6/2021)

PURWOREJO - Sekitar 32 pembatik dan 4 orang perwakilan dari Pokja 3 Tim Penggerak PKK Kecamatan Bener dan Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, diberikan pelatihan membatik tradisional dan kekinian oleh TP PKK Kabupaten Purworejo.

Pelatihan itu dilaksanakan selama dua hari yaitu Selasa (8/6/2021) dan Rabu (9/6/2021), dan dilaksanakan di Aula Kantor TP PKK Kabupaten Purworejo.   

Pelatihan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mendorong  kader PKK di tingkat kecamatan hingga desa agar dapat meningkatkan kualitas SDM di bidang industri rumah tangga sekaligus melestarikan kearifal lokal di wilayahnya. Tak hanya teori, mereka juga diajak praktik membatik selama pelatihan.

 "Tujuannya untuk memotivasi para kader industri rumah tangga bidang sandang agar mampu bersaing meningkatkan kualitas, mulai tingkat regional, nasional, hingga internasional, selain itu juga agar budaya yang adiluhung sebagai warisan nenek moyang tidak akan punah dan kembali bergaung di Kabupaten Purworejo," kata Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo, Fatimah Verena Prihastyary Agus Bastian, pada Rabu (9/6/2021).

Tak hanya itu, PKK Kabupaten Purworejo juga berharap, dengan pelatihan itu bisa menjadi tambahan ketrampilan dan akan menambah penghasilan warga masyarakat di sekitar Bendungan Bener.

"Sasarannya yaitu pengunjung atau wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Diharapkan akan membuka lapangan kerja sehingga dapat mengurangi penggangguran di Kabupaten Purworejo,” ungkapnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV