SUARA INDONESIA

Penanganan Wabah Covid-19 Terus Jadi Perhatian di Trenggalek

Rudi Yuni - 09 June 2021 | 17:06 - Dibaca 350 kali
Peristiwa Daerah Penanganan Wabah Covid-19 Terus Jadi Perhatian di Trenggalek
Rakor Evaluasi PPKM Mikro

TRENGGALEK - Wabah Covid-19 belum usai, Pemerintah Kabupaten Trengggalek melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Trenggalek Widarsono berharap masyarakat tetap saling mengingatkan untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan usai pelaksanaan rapat evaluasi penerapan PPKM Mikro tahap 9 bersama Pemerintah Provinsi Jatim secara virtual. Dalam rapat tersebut dapat disimpulkan bahwa kewaspadaan terhadap pandemi harus tetap ditingkatkan.

"Stabilitas ekonomi akan bisa terjaga bila kasus pandemi juga bisa ikut terjaga," kata Widarsono, Rabu (9/6/2021).

Lanjut Widarsono, penanganan wabah Covid-19 ini tdak hanya menjadi tanggung jawab satgas atau pemerintah saja. Namun juga perlu adanya dukungan dari masyarakat untuk saling menjaga maupun mengingatkan.

Melonjaknya kasus di daerah tetangga yakni daerah Bangkalan, diharapkan menjadi pembelajaran berharga untuk warga Trenggalek bisa menekan angka penyebaran Covid 19 dengan berdisiplin diri. 

"Saya berharap kasus Covid 19 di daerah tetangga seperti Bangkalan bisa segera mereda, dengan begitu aktivitas masyarakat bisa kembali normal," ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Trenggalek AKBP Dony Satria Sembiring menyampaikan dalam minggu-minggu terakhir, Jatim mengalami pelonjakan kasus. Bahkan  prosentasi kematian Jatim mencapai angka 7,4%.

Menututnya semakin banyak Tracing dan testing terutama pada protensi kontak erat sehingga justru semakin meningkatkan keamanan. Hal ini ditujukan untuk mencari siapa-siapa kontak erat yang tertular.

"Penyadaran kepada masyarakat penting juga dilakukan terutama penerapan protokol kesehatan," terang AKBP Doni.

Selain itu, perlu juga adanya peningkatan koordinasi untuk meningkatkan penertiban di desa-desa, termasuk perlunya dilakukan penyemprotan disinfektan untuk mengendalikan virus.

"Trenggalek kasus penyebaran Covid kian terkendali, meskipun angka kematian akibat Covid 19 masih cukup tinggi 9,45%. Tercatat pada 8 Juni 2021 total kasus sebanyak 4.191 kasus positif," ungkapnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya