SUARA INDONESIA

Pemkab Bojonegoro Siap Tanggap Bencana Melalui Jitupasna

Aji Susanto - 09 June 2021 | 19:06
Peristiwa Daerah Pemkab Bojonegoro Siap Tanggap Bencana Melalui Jitupasna

BOJONEGORO, Bertempat di hall hotel Borneo Kecamatan Kalitidu, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) laksanakan kegiatan dan sosialisasi serta Bimtek (Bimbingan Teknis) Jitupasna (Pengkajian Kebutuhan Pascabencana).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Anna Mu'awanah sampaikan bila adanya Bimtek ini tidak hanya menyerap teori belaka, melainkan harus diterapkan secara nyata. Terlebih usai terjadinya bencana yang datangnya sewaktu-waktu.

"Adanya recovery bisa menjadi pilar penting untuk pemulihan fisik maupun sosial masyarakatnya dengan menghitung kerugian menyeluruh secara akuntabel," ucapnya Rabu (09/06/2021).

Dijelaskan, bahwa saat ini kerusakan alam banyak terjadi. Adapun kerusakan alam terbagi beberapa faktor, diantaranya lingkungan, manusia, teknologi, ekonomi, penambangan, pembabatan hutan, termasuk pola masyarakat itu sendiri.

"Selain pemulihan, kita semua wajib berupaya mencegah terjadinya bencana. Diantaranya jaga keseimbangan ekosistem alam dengan baik dan benar," ujarnya.

Lanjut Ardian Orianto Plh (Pelaksana Harian) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) menambahkan, bahwa maksud maupun tujuan Bimtek untuk menghitung kerusakan serta kerugian dari dampak bencana pada semua sektor.

"Tidak hanya perhitungan dan penanggulangan, tapi bisa menyiapkan sedini mungkin saat hadapi bencana secara bersama-sama," tukasnya.

Acara Bimtek dilakukan selama dua hari, sedari tanggal 08 sampai dengan 09 Juni yang diikuti oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta perwakilan dari 28 peserta dari masing kecamatan.u

Pewarta : Aji Susanto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV