SUARA INDONESIA

Belum Diperpanjang, Kesbangpol Nyatakan 110 Ormas di Purworejo Tidak Aktif

Widiarto - 09 June 2021 | 20:06 - Dibaca 1.07k kali
Peristiwa Daerah Belum Diperpanjang, Kesbangpol Nyatakan 110 Ormas di Purworejo Tidak Aktif
Penyerahan SKT PWI oleh Kesbangpol kepada pengurus PWI Purworejo

PURWOREJO - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mencatat ada sekitar 200 organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang resmi terdaftar dibuktikan dengan Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Dari jumlah itu, saat ini hanya sekitar 90 Ormas yang aktif dan 110 lainnya tidak aktif.

Kepala Seksi Ketahanan Seni, Budaya, Agama, Ekonomi dan Kemasyarakatan Kantor Kesbangpol Purworejo, Gigih Marsudi mengatakan, mayoritas ormas-ormas yang tidak aktif tersebut belum memperpanjang SKT dan melaporkan kembali kepengurusan terbarunya.

“Banyak organisasi yang sudah habis kepengurusannya dan tidak melaporkan kepengurusan barunya,” katanya, disela penyerahan SKT PWI dikantor Kesbangpol Purworejo, Rabu (9/6/2021).

Selain itu lanjutnya, sejumlah Ormas tersebut juga tidak melaporkan adanya perubahan kedudukan atau alamat kantor sekretariatnya. Kondisi itu membuat Kesbangpol kerap mengalami kesulitan saat akan melakukan penertiban administrasi atau berkomunikasi. 

“Banyak yang kantor sekretariatnya pindah atau sudah tidak ada, pengurusnya ganti, dan nomor teleponnya tidak dapat dihubungi. Hal ini menyulitkan kami saat ada keperluan yang menyangkut Ormas tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut Gigih mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya cukup ketat dalam menerbitkan SKT. Sejumlah persyaratan harus dipenuhi mengacu pada Undang-undang (UU) No. 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

“Banyak yang mengajukan penerbitan SKT hanya untuk kepentingan sesaat, misalnya untuk syarat pengajuan bantuan. Padahal dalam permohonan SKT jelas sudah harus melampirkan beberapa syarat, diantaranya Surat Pernyataan bahwa sanggup menyampaikan laporan kegiatan,” pungkasnya.

 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV