SUARA INDONESIA

Warga Terkonfirmasi Positif Covid 19 di Brenggong Purworejo Meningkat

Widiarto - 10 June 2021 | 16:06
Peristiwa Daerah Warga Terkonfirmasi Positif Covid 19 di Brenggong Purworejo Meningkat

PURWOREJO - Warga terkonfirmasi positif covid-19 di Desa Brenggong Kecamatan/Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, meningkat drastis.

Hingga Kamis (10/6/2021) ini dari hasil laporan perkembangan percepatan penanganan covid-19 di Desa Brenggong sesuai data dari 113 orang yang diperiksa terdapat 79 orang dinyatakan positif, 4 orang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Citrowardjoyo Purworejo, 2 orang dinyatakan telah meninggal dan 30 orang masih menunggu hasil.

Klaster covid-19 terjadi di Desa Brenggong akibat penularan saat piknik ke kawasan wisata Dieng Kabupaten Wonosobo, pada Sabtu (29/5/2021) lalu. Darmawisata ini diikuti Kepala Desa, Sekretaris Desa, Pamong (perangkat) beserta keluarganya.

Menanggapi hal itu, Tim Gugus Covid-19 terdiri atas Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo, bersama Polres Purworejo, Kodim 0708, BPBD, Dinas Kesehatan, dan Forkompincam menggelar rapat koordinasi penanganan covid-19 di Balai Desa Brenggong, pada Kamis (10/6/2021).

Hadir langsung dalam rapat itu, Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito, Dandim 0708 Purworejo, Letkol Inf Lukman Hakim, Kepala BPBD Purworejo Drs. Sutrisno dan Kadinkes Purworejo, Dr. Sudarmi.

"Langkah- langkah yang telah dilakukan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 tingkat Kecamatan Purworejo diantaranya Kantor Desa Brenggong mulai tanggal 7 Juni 2021 ditutup dan pelayanan dipindah di Rumah Kasi Pemerintahan yaitu rumah bapak Sulistyo Nugroho, PPKM Mikro Desa Brenggong, dan Satgas Jogo tonggo telah memberikan bantuan logistik kepada yang  menjalankan Isolasi Mandiri," ungkap Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito, usai rapat.

Disampaikan, selain menutup dan memberikan bantuan, gugus tugas juga melakukan pemasangan stiker yang bertuliskan isolasi mandiri dan ditempelkan dirumah-rumah tempat Isolasi mandiri. Penyemprotan disenfiktan, membagikan masker dan vitamin kepada warga.

"Kegiatan masyarakat yang sifatnya mengumpulkan orang dihentikan, dan gugus tugas menyiapkan ruang isolasi mandiri terpusat di RSUD Tjitro Wardoyo Purworejo di bangsal Bougenville dengan kapasitas 66 tempat tidur dan Gedung Kesenian WR Supratman Purworejo dengan kapasitas 100 tempat tidur," sebutnya.

Pihaknya mengaku akan terus melakukan pemantauan atas perkembangan yang terjadi di Desa Brenggong dan melaksanakan evakuasi pasien terkonfirmasi untuk dilaksanakan isolasi mandiri terpusat di Bangsal Bogenvil RSUD Tjitro Wardoyo Purworejo.

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV