SUARA INDONESIA

Mensos dan Pemkab Ponorogo Bimtek TKSK Tangani Tunagrahita dan Disabilitas

Andre Prisna - 14 June 2021 | 16:06 - Dibaca 1.20k kali
Peristiwa Daerah Mensos dan Pemkab Ponorogo Bimtek TKSK Tangani Tunagrahita dan Disabilitas
Mensos Tri Rismaharini saat menyampaikan bimtek dihadapan TKSK Ponorogo

PONOROGO - Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja (kunker) terkait bimbingan teknis tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) Kabupaten Ponorogo.

Rombongan Tri Rismaharini bersama anggota Komisi VIII DPR RI, Ina Amania diterima oleh Bupati Ponorogo dan jajaran forkopimda di rumah dinas Pringgitan Ponorogo, Senin sore (14/6/2021).

Menurut Mensos, Risma (sapaan akrabnya), pihaknya memberikan arahan kepada petugas TSKS yang ada di Ponorogo, untuk lebih intens menangani masalah-masalah sosial kemanusiaan.

"Seperti para tunagrahita, disabilitas maupun orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Mensos akan semaksimal mengentaskan masalah ini," jelasnya saat diwawancarai awak media.

Bimtek ini untuk memperkuat peran dan tugas koordinator TKSK Kabupaten Ponorogo dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Pihaknya ingin para tenaga sosial ini dapat mengakomodasi berbagai program yang ada. 

"Serta dapat segera berkoordinasi ketika ada kendala dalam pelaksanaan tugas. sekaligus evaluasi program pemberdayaan sosial," jlentrehnya. 

Sementara Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko mengatakan, TKSK ini berperan penting dalam mempercepat pembangunan manusia dalam kampung tunagrahita. 

"Selain itu, kita memberi konsep bagaimana dapat memutus mata rantai difabel intelektual dalam satu generasi. Giat Bimtek ini diikuti oleh TKSK di 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Ponorogo," jelasnya.

Pihaknya berharap Pemkab Ponorogo dapat berkolaborasi dengan Mensos untuk menangani masalah-masalah tunagrahita maupun disabilitas.

"Termasuk wacana untuk membuat asrama bagi penyandang tunagrahita dan disabilitas agar lebih mudah terdeteksi, agar nantinya juga bisa dirawat dengan baik," tandasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Andre Prisna
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV