SUARA INDONESIA

Pandemi Covid-19, 756 Calon Haji Purworejo Gagal Berangkat

Widiarto - 14 June 2021 | 18:06 - Dibaca 1.15k kali
Peristiwa Daerah Pandemi Covid-19, 756 Calon Haji Purworejo Gagal Berangkat
Kepala Seksi Haji Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Drs Harwal Masyuda, saat memberikan paparan dalam sosialisasi dan motivasi kepada calon jamaah haji PNS/Korpri  Kabupaten Purworejo, di ruang Bagelen Setda Purworejo, pada Senin (14/6/2021).

PURWOREJO - Sebanyak 756 calon jamaah haji dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dipastikan gagal berangkat ditahun 2021 ini, akibat pembatalan pemberangkatan jamaah haji Indonesia yang telah diumumkan oleh pemerintah beberapa waktu lalu.

Pembatalan dilakukan lantaran belum adanya undangan, pembahasan dan penandatanganan nota kesepahaman tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji antara pemerintah Arab Saudi dan Indonesia, juga masih belum selesainya masa pandemi covid-19.

"Persiapan yang sudah dilakukan sejak Desember 2020 lalu, belum dapat di finalisasi, sebab belum ada kepastian kuota haji dari Arab Saudi, padahal dengan kuota 5% kuota normal saja, waktu penyiapan yang dibutuhkan tidak kurang dari 45 hari," ungkap Kepala Seksi Haji Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Drs Harwal Masyuda, dalam sosialisasi dan motivasi kepada calon jamaah haji PNS/Korpri  Kabupaten Purworejo, di ruang Bagelen Setda Purworejo, pada Senin (14/6/2021).

Dijelaskan, dari 756 calon jamaah haji itu semuanya sudah melunasi biaya haji yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk keberangkatan haji tahun ini yaitu sebesar Rp 35.972.602. Bahkan semua berkas sudah dinyatakan lengkap termasuk paspor.

"Bahkan sebanyak 609 orang sudah divaksin tahap 1, dan sebagian sudah divaksin meningitis,” ujarnya.

Disampaikan, dengan adanya pembatalan itu, pihaknya masih menunggu langkah selanjutnya dari pemerintah pusat. Adapun sosialisasi informasi pembatalan itu, telah dilakukan dengan menyebarkan hasil keputusan pemerintah berupa video conference ke KUA yang menangani masing-masing wilayah calon jamaah.

“Selain itu kami juga mensosialisasikan melalui media setelah berkoordinasi dengan pimpinan dan Pemda,” katanya.

Disebutkan, sampai hari ini jumlah daftar tunggu calon haji di Jawa Tengah ada sebanyak 883.747 orang. Adapun untuk mereka yang mendaftar hari ini akan berangkat di tahun 2049 alias waiting list selama 28 tahun.

“Bisa jadi bertambah masa tunggunya hingga 30 tahun, dalam pendaftaran pada minggu atau bulan berikutnya,” pungkasnya.

 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya