SUARA INDONESIA

Pemkab Kendal Buka Jobfair Online

Amrizal Zulkarnain - 16 June 2021 | 15:06 - Dibaca 1.28k kali
Peristiwa Daerah Pemkab Kendal Buka Jobfair Online
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, di bersama jajaran Forkopimda Kendal, saat memukul gong sebagai tanda pembukaan Jobfair online, yang dilaksanakan di Pendopo Kendal, Rabu 16/6/2021 (SIN/Zamroni)

Kendal- Pemerintah Kabupaten Kendal, membuka stan Jobfair secara online, yang diikuti oleh 20 perusahaan yang diikuti oleh 34 Kabupaten dan Kota di Jateng, yang dilaksanakan di Pendopo Kendal, Rabu (16/6/2021).

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, mengatakan bahwa, Jobfair dilaksanakan secara online dikarenakan kondisi saat ini masih pandemi Covid-19.

"Kita tidak bisa menyelenggarakan Jobfai secara langsung, karena kondisi masih pandemi Covid-19. Namun kita bisa melaksanakan secara virtual. Dengan dilaksanakannya Jobfair online ini, semoga masyarakat kendal bisa mendapatkan pekerjaan dan bisa mengurangi angka penganguran di Kendal," kata Dico.

Dico melanjutkan, sampai saat ini masyarakat yang sudah mendaftar ada sekitar 4 ribu. Sedangkan lowongan pekerjaan yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan yang saat ini ikut Jobfair online ada 960 lowongan pekerjaan.

"Semoga yang sudah mendaftar di terima dan mendapat pekerjaan sesuai bidangnya. Adapun nanti ada yang belum dapat bisa mendaftar kita akan bantu komunikasi dengan perusahan- perusahaan yang ada di Kendal," tuturnya.

Dico menambahkan, dalam jangka dekat, kita juga akan melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan besar yang nantinya akan membutuhkan tenaga kerja sebanyak-banyaknya.

"Sebentar lagi kita akan melakukan kerjasam dengan perusahaan perusahaan-perusahaan besar yang nantinya perusahaan itu akan membutuhkan sekitar  2500 tenaga kerja. Kedepan kita juga akan persiapkan terkait itu semua," tandasnya.

Dikatakan, kondisi pandemi Covid-19 membuat angka pengangguran di Kendal meningkat hingga 1,5 persen.

"Sebelum pandemi, angka pengangguran mencapai 6 persen, kini di masa pandemi angka pengangguran mencapai 7,5 persen atau sekitar70 ribu warga Kendal yang belum dapat pekerjaan," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kendal, Syukron Samsul Hadi, mengatakan bahwa, maksud dan tujuan diadakanya Jobfair secara online ini ialah, untuk mempertemukan pencari lowong pekerjaan dengan perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja dan stan informasi lowongan pekerjaan serta sebagai sarana perusahaan untuk bisa mencari kandidat tenaga kerja yang terbaik.

"Selain itu, tujuan diadakan Jobfair online ini untuk meningkatkan kepercayaan dan minat masyarakat terkait lowongan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran di Kendal," ungkapnya.

Ia menambahkan, peserta yang ikut Jobfair online ini ada 24 perusahaan dari Kendal dan luar Kendal. Ada bermacam-macam sektor dari 24 perusahaan itu, termasuk perusaan perbankan, Garmen, dan lain sebagainya.

"Mereka akan menawarkan lowongan pekerjaan sebanyak 960 job di masing-masing sektor dan pendaftaran itu bisa diakses melalui www.e-duniakerja.id. Kegiatan ini diikuti oleh 34 kabupaten di Jateng dan 20 kecamatan dan 286 desa dan kelurahan yang ada di Kendal dan ditambah 34 DKK bursa kerja yang dimiliki oleh SMK Negri maupun swasta yang ada di Kendal," pungkasnya.
 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya