SUARA INDONESIA

Meski Sekolah Terapkan Protkes, Dinas Pendidikan Segera Hentikan PTM Sejak Ada Klaster Baru

Bahrullah - 17 June 2021 | 15:06
Peristiwa Daerah Meski Sekolah Terapkan Protkes, Dinas Pendidikan Segera Hentikan PTM Sejak Ada Klaster Baru

BONDOWOSO - Meski sekolah sudah menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes) Covid-19, Dinas Pendidikan Bondowoso segera menghentikan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) sejak muncul klaster hajatan di Kecamatan Binakal beberapa waktu lalu.

Kebijakan itu akan diberlakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

"Sesuai surat edaran uji coba PTM segera dihentikan ketika ada kasus positif Covid-19.

Pembelajaran kembali ke daring," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Bondowoso, Haeriyah Yuliati, Kamis (17/6/2021).

Lebih lanjut, Haeriyah memaparkan, sekolah yang menghentikan PTM saat ini diantaranya, seperti SDN Bendelan 3, SMPN 1 Binakal, dan SDN Dabasah. Sedangkan beberapa sekolah memang sudah tidak ada kegiatan karena memasuki masa liburan.

"Yang paling utama adalah keselamatan siswa, guru, dan tenaga kependidikan," tegasnya.

Katanya, jika saat ini ada penghentian, sesuai himbauan Kemendikbud, PTM pada tahun ajaran baru tetap dipersiapkan. Salah satunya pelaksanaan vaksinasi terhadap para guru.

Pelaksanaan PTM nantinya kata Haeriyah, tentu harus memperhatikan zona penyebaran Covid-19 di tiap wilayah.

"Evaluasi kami, lembaga sekolah melaksanakan PTM sesuai SOP, protokol kesehatan diterapkan secara ketat, seperti 3M (Mencuci Tangan, Menggunakan masker, dan menjaga jarak" pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, acara hajatan yang digelar di Dusun Pal Sembilan, Desa Bendelan, Kecamatan Binakal, Kabupaten Bondowoso memicu munculnya klaster baru.

Hasil pemeriksaan tes swab PCR, 14 warga positif covid-19.

Penyebaran Covid-19 ini terjadi disebabkan longgarnya Protokol Kesehatan (Protkes) yang diterapkan tuan rumah saat kegiatan tersebut berlangsung.

Pewarta : Bahrullah
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV