SUARA INDONESIA

Kasus Covid-19 di Kendal Meningkat, Wabup Kendal Sidak di RSUD Swondo Kendal dan RSDC Kendal

Amrizal Zulkarnain - 17 June 2021 | 16:06 - Dibaca 1.05k kali
Peristiwa Daerah Kasus Covid-19 di Kendal Meningkat, Wabup Kendal Sidak di RSUD Swondo Kendal dan RSDC Kendal
Wabup Kendal, Windu Suko Basuki, saat sidak di RSUD Swondo Kendal, Kamis 17/6/2021 (SIN/Zamroni)

Kendal- Kasus Covid-19 di Kabupaten Kendal Jawa Tengah mengalami peningkatan secara masif dan signifikan, dari itu, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) di RSUD Swondo Kendal dan RSDC Kendal, Kamis (17/6/2021).

Sidak ini dilakukan karena di Kendal lagi digencarkan kasus Covid-19, setelah munculnya klaster baru dan kenaikan kasus Covid-19 di Kendal.

Dalam sidak itu, didapati bahwa seluruh pelayanan di RSUD Swondo Kendal maupun di RSDC Kendal sudah menerapkan protokol kesehatan dan mengunakan APD lengkap sesuai SOP dalam melayani pasien Covid-19 serta melayani pasiennya dengan baik.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengatakan bahwa, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan akan memastikan dalam setiap pelayanan kesehatan terkait penanganan Covid-19 di RSUD Swondo Kendal dan RSDC Kendal dan Rumah Sakit serta Puskesmas di Kendal berjalan dengan baik.

"Pemkab Kendal punya peran besar dalam menangani penyebaran Covid-19. Jika hal ini tidak ditangani serius, maka akan menjadi ancaman, dimana jika tidak serius dalam penangan kasus Covid-19 di kendal akan terus naik," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya dalam menangani kasus Covid-19 dan melayani pasien Covid-19 sudah berjalan dengan baik. 

"Dalam penanganan Covid-19, selain Tim gugus tugas dan Nakes, kita juga dibantu oleh para relawan dari paguyupan perawat dari beberapa puskesmas yang ada di Kendal," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferrynando Rad Bonay mengatakan bahwa, untuk saat ini, pasien covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit totalnya ada 160 pasien. 

"Setiap harinya ada peningkatan pasien Covid-19. Sedangkan saat ini kapasitas yang disiapkan untuk pasien umum di Rumah Sakit sudah penuh. Adapun ruangan yang disiapkan untuk pasien Covid-19 di RSUD Swondo Kendal sampai saat ini masih sisa 2 kamar, dari 66 kapasitas yang disiapkan," terangnya.

Ferry melanjutkan, sedangkan di RSDC Kendal sendiri, ada 43 kamar yang sudah disiapkan. Untuk cadangan sendiri yang disiapkan ada 40 kamar.

"Kita lihat perkembangannya nanti, jika kasus Covid-19 di Kendal semakin meningkat kita juga sudah siapkan kamar cadangan dan akan kita tambah lagi jika semakin terus meningkat kasus," paparnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini, jumlah kasus Covid-19 di Kendal mencapai sekitar 8 ribu kasus. Adapaun yang sembuh ada 6009 orang.

"Dari semua kasus Covid-19, ada selisih sekitar 1000 dari 300 yang meninggal dan 600 yang masih dalam menjalani perawatan. untuk yang masih sakit saat ini ada 7002," tandasnya.

Dikatakan, untuk ketersediaan tempat tidur yang disiapkan secara keseluruhan total ada 215 tempat tidur.
 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV