SUARA INDONESIA

Gandeng TBM Mangunrejo, Bawaslu Kembangkan Literasi Pengawasan Pemilu

Widiarto - 24 June 2021 | 16:06 - Dibaca 866 kali
Peristiwa Daerah Gandeng TBM Mangunrejo, Bawaslu Kembangkan Literasi Pengawasan Pemilu
Prosesi kerjasama antara Bawaslu dengan TBM Mangunrejo terkait pengembangan literasi pengawasan pemilu

PURWOREJO - Bawaslu Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggandeng Taman Bacaan Masyarakat Mangunrejo di Desa Susuk Kecamatan Ngombol untuk mengembangkan literasi pengawasan pemilu.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Ketua TBM Mangunrejo,  Andri Wijaya dan Ketua Bawaslu Purworejo, Nur Kholiq di Aula TBM Mangunrejo, pada Kamis (24/6/2021).

Kerjasama tersebut menyepakati bahwa kedua belah pihak akan melakukan kegiatan diskusi tentang pengawasan pemilu/pilkada, menggerakkan budaya baca masyarakat tentang buku-buku yang berisi pengawasan Bawaslu, regulasi pemilu dan aneka buku bacaan lainnya.

Ketua Bawaslu Purworejo, Nur Kholiq mengatakan, TBM Mangunrejo ini dipilih karena dinamika diskusi masyarakatnya berjalan sangat baik. TBM tersebut bahkan pernah ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai kampung literasi. Harapannya, TBM Mangunrejo dapat mengembangkan literasi pengawasan pemilu di masyarakat, khususnya para pemuda anggota TBM.

Dijelaskan, dari gerakan literasi pengawasan pemilu tersebut diharapkan mampu menggerakkan masyarakat menjadi insan pengawas partisipatif. Artinya, masyarakat mau tergerak untuk ikut mengawasi pemilu/pilkada.

Ketua TBM Mangunrejo, Andri Wijaya mengatakan, TBM ini merupakan ruang belajar masyarakat, khususnya para pemuda. Di TBM ini masyarakat bisa belajar banyak hal dari buku bacaan yang dimiliki.

"Kami ingin mengembangkan literasi politik di masyarakat agar wawasan mereka bertambah. Alkhamdulillah Bawaslu Purworejo datang ke desa kami sehingga ke depan bisa terus bekerjasama," ujarnya.

Koordinator Divisi Hukum Humas dan Data Informasi Bawaslu Purworejo, Rinto Hariyadi mengatakan, warga Desa Susuk Kecamatan Ngombol pada kesempatan tersebut juga berkomitmen akan berpartisipasi aktif dalam proses pengawasan dalam tahapan pemilu/pilkada. Menolak segala bentuk propraganda  yang bermuatan SARA, berita bohong, fitnah, ujaran kebencian, yang memicu konflik dan memecah belah warga.

Warga juga berkomitmen akan berperan aktif dalam menumbuhkan kesadaran gerakan menolak dan mencegah praktik politik uang dalam setiap proses demokrasi.

 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV