SUARA INDONESIA

Fokus Pembangunan, Wali Kota Buka Musrenbang Perubahan RPJMD 2019-2024

Septian - 25 June 2021 | 09:06
Peristiwa Daerah Fokus Pembangunan, Wali Kota Buka Musrenbang Perubahan RPJMD 2019-2024

Madiun – Wali Kota Madiun Maidi membuka kegiatan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Madiun 2019-2024 di Ballroom The Sun Hotel Madiun, Kamis (24/6/2021).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara offline dan online itu, Wali Kota memaparkan rencana pembangunan yang akan dilakukan untuk Kota Madiun hingga 2024 mendatang.

Adapun saat ini fokus perhatian orang nomor satu di Kota Pendekar itu adalah memerangi Covid-19 dan mendorong perekonomian di Kota Madiun.

‘‘Pandemi ini memang sempat menghambat upaya pembangunan di Kota Madiun. Tapi kita tidak boleh menyerah. Maka, hal-hal yang berkaitan dengan stop Covid dan gas ekonomi terus saya tingkatkan,’’ tuturnya.

Salah satu upaya yang dilakukan wali kota adalah menjadikan Kota Madiun sebagai magnet wisata melalui pembangunan berbagai kawasan ikonik seperti Pahlawan Street Center dan lapak UMKM kelurahan.

Tidak hanya itu, upaya ini juga disertai dengan peningkatan pembangunan non fisik. Seperti indeks pembangunan manusia (IPM) dan angka harapan hidup warga Kota Madiun. Seperti diketahui, IPM dan angka harapan hidup Kota Madiun saat ini termasuk tertinggi di Jawa Timur.

Adapun musrenbang perubahan RPJMD ini dilakukan agar sesuai dengan prosedur penyusunan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Meski begitu, Wali Kota menyebut bahwa upaya pembangunan di Kota Madiun sudah sesuai dengan regulasi pemerintah pusat.

Musrenbang perubahan RPJMD juga telah melalui sejumlah tahapan, diantaranya, konsultasi publik, pembahasan dengan pansus DPRD Kota Madiun, penandatanganan nota kesepakatan awal antara wali kota dan pimpinan DPRD, hingga konsultasi dengan Bappeda Jatim. (Sep)

Pewarta : Septian
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya