SUARA INDONESIA

Ditunjuk Gubernur Sebagai Plh Setda Papua, Ini Penjelasan Ridwan Rumasukun

Mustakim Ali - 01 July 2021 | 08:07
Peristiwa Daerah Ditunjuk Gubernur Sebagai Plh Setda Papua, Ini Penjelasan Ridwan Rumasukun
JAYAPURA - Asisten III Bidang Umum Setda Papua, M. Ridwan Rumasukun membenarkan dirinya telah ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua.

Mantan Pj Bupati Keerom itu mengakui penunjukkan dirinya sebagai Plh Setda ditunjuk langsung oleh Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe.

"Informasi yang beredar itu betul, saya ditunjuk sebagai Plh Setda," ujar Ridwan Rumasukun saat ditemui suaraindonesia.co.id diruangan kerjanya pada, Kamis (01/07/2021).

Ridwan Rumasukun mengakui penunjukkan dirinya sebagai Plh Setda untuk menjalankan roda pemerintahan, karena Setda Definitif Papua, Dance Yulian Flassy sedang menjalankan dinas diluar kota.

"Ini sebenarnya hal yang biasa dan tidak ada yang luar biasa. Penunjukkan ini juga agar pemerintahan itu tetap berjalan dan kami sebagai asisten siap menjalankan perintah atasan," bebernya.

Hal ini diakuinya rutin dilakukan, dalam hal ini siapapun yang menjalankan tugas diluar kota maka jabatannya akan didelegasikan kepada bawahannya sehingga tidak ada kefakuman.

"Saya menjalankan Plh ini selama Bapak Setda dinas luar kota dan setelah beliau kembali maka akan diserahkan kembali," ungkapnya.

Terkait kondisi yang terjadi belakangan ini, banyak persepsi masyarakat ketika melihat selembaran penunjukan dirinya sebagai Plh Setda dan Ridwan Rumasukun sendiri menggapai hal ini biasa-biasa saja.

"Hal ini sebenarnya justru menjadi kontrol bagi kami di pemerintahan untuk menjalankan birokrasi secara baik, dan masukkan-masukan seperti itu perlu sekali sebenarnya," jelasnya.

Bahakan menurut Ridwan sendiri mengakui sudah berkomunikasi langsung dengan Setda Definitif Papua, Dance Yulian Flassy.

"Kemarin saya sudah laporkan ke Sekda, dan beliau menyuruh untuk mengecek apakah surat tersebut benar, dan memang benar seperti itu," tuturnya.

Dimana surat tersebut diakuinya diantara langsung dari Singapura setelah Gubenur Papua, Lukas Enembe menandatangani lalu diserahkan kepada Kemendagri.

Ridwan Rumasukun menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dalam menanggapi selembaran yang beredar tersebut. Silakan masyarakat memberikan kontrol dan juga solusi agar bisa memperbaiki dan mengatasi kelemahan-kelemahan di pemerintahan.

"Masyarakat tenang saja, karena kita mempunyai porsi masing-masing untuk melaksanakan tugas di pemerintahan sebagai ASN. Terimakasih banyak atas responnya dan hal ini menunjukkan masyarakat cita terhadap kita dipemerintahan," tutupnya.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya