SUARA INDONESIA

Selamatan Pasar, Pedagang Pasar Umpet Purworejo Gelar Doa Bersama

Widiarto - 02 July 2021 | 17:07
Peristiwa Daerah Selamatan Pasar, Pedagang Pasar Umpet Purworejo Gelar Doa Bersama

PURWOREJO - Puluhan pedagang aneka kuliner tradisional pasar Umpet Desa Popongan, Kecamatan Banyuurip, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar doa bersama di lokasi pasar Umpet di Desa Popongan, Jumat (2/7/2021).

Doa bersama digelar sebagai bentuk permohonan kepada Tuhan agar diberikan keselamatan dalam beraktifitas, utamanya keselamatan dari virus corona (covid-19) yang masih pandemi.

Selain pedagang, doa bersama bersama juga dihadiri tokoh masyarakat Desa Popongan dan Desa Semawung, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Ini sebagai bentuk syukur kami kepada Alloh SWT, sekaligus meminta keselamatan, baik keselamatan dalam beraktifitas, baik untuk pedagang, pengunjung, tempat pasar dan semuanya, agar dihindarkan dari mara bahaya utamanya bahaya penyebaran virus covid-19," ungkap pengelola pasar Umpet, Sutoyo, saat ditemui disela kegiatan doa bersama.

Pengelola pasar Umpet lain, Hariyono, menambahkan, pasar Umpet yang menjadi penyedia aneka kuliner atau jajanan khas tradisional yang berada tak jauh dari jembatan gantung penghubung Desa Popongan Kecamatan Banyuurip dan Desa Semawung Kecamatan Purworejo (Semapop), masih akan terus beraktifitas disetiap hari Minggu pagi dengan memperketat protokol kesehatan.

"Saat ini sudah ada sekitar 25 pedagang aneka kuliner tradisional yang ikut berjualan di pasar Umpet ini, bahkan ada 6 pedagang baru lain yang masuk namun belum terdaftar. Karena masih dalam masa pandemi, kami melaksanakan aktifitas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan doa bersama itu nantinya bisa selalu diberikan keselamatan dan kelancaran dalam beraktifitas di pasar Umpet.

Kadus RW 7 Desa Semawung, Aris Setyo Winoto, mengapresiasi kegiatan doa bersama yang dilakasanakan oleh para pedagang pasar Umpet.

"Dengan adanya pasar Umpet ini bisa meningkatkan taraf ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan warga," katanya.

Terkait keberadaan jembatan Semapop yang berada tak jauh dari lokasi pasar, tambahnya, dalam waktu dekat pemerintah Desa Semawung akan mengajak pemerintah Desa Popongan akan membentuk panitia pemeliharaan jembatan yang baru saja selesai dibangun.

"Kami berharap juga dengan adanya jembatan ini bisa menjadikan aktifitas masyarakat kedua desa semakin lancar, dan meningkatkan perekonomian warga, apalagi jembatan ini sebagai jembatan gantung terpanjang di Purworejo, bisa melengkapi pasar Umpet untuk selalu dikunjungi oleh masyarakat," ujarnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya