SUARA INDONESIA

Urug Lapangan Voli, Warga Ngombol Purworejo Temukan Mortil Aktif

Widiarto - 06 July 2021 | 16:07
Peristiwa Daerah Urug Lapangan Voli, Warga Ngombol Purworejo Temukan Mortil Aktif

PURWOREJO - Warga Desa Ngombol, Kecamatan Ngombol, Purworejo, Jawa Tengah, digemparkan dengan penemuan mortir di sebuah timbunan pasir yang digunakan untuk pengurukan lapangan voli di desa itu pada Senin (5/7/2021).

Mortir tersebut sempat dibuat mainan oleh anak-anak karena awalnya tidak tahu kalau itu mortir.

Setelah ada warga yang mengetahui bahwa itu mortil, lalu melapor ke Polsek Ngombol. Mortir itu kemudian diledakkan oleh tim gegana penjinak bom Polda Jateng, pada Selasa (6/7/2021).

Kapolsek Ngombol, Iptu Suwardiyono, menjeleskan, bahwa pihaknya mendapatkan laporan jika terdapat penemuan sebuah mortir di Desa Ngombol pada Senin (5/7/2021).  Setelah mendapat laporan pihaknya langsung berkoordinasi dengan Polres Purworejo dan langsung diteruskan kepada tim Gegana Penjinak Bom Polda Jateng.

"Mortir ditemukan hari Senin (05/07) sekitar pukul 13.00 WIB, kemudian laporan ke Polsek masuk pukul 15.00 WIB. Mortir tersebut berwarna hitam kecoklatan, berbentuk seperti jantung pisang dan saat ditemukan sudah berkarat. Hari ini tim penjinak bom Gegana Polda Jateng mendatangi lokasi dan telah diledakkan oleh tim Gegana di persawahan tepatnya di desa Wonoboyo, kecamatan Ngombol yang berjarak sekitar 3 kilometer, pada pukul 14.06 WIB," ungkap Kapolsek, saat dikonfirmasi Selasa (6/7/2021).

Komandan tim penjinak Bom Gegana Polda Jateng Iptu Slamet Subagyo, usai proses peledakan, mengungkapkan, mortir tersebut masih aktif, bejenis mortir sedang, memiliki panjang 28 CM, diameter 8 CM dengan kaliber 2 inch. Untuk kode dan tahun pembuatan sudah tidak terlihat karena mortir dalam keadaan sudah berkarat.

"Kami tidak bisa memastikan apakah itu peninggalan perang atau sisa-sisa latihan. Tapi jika dilihat dari bentuknya, diduga itu adalah peninggalan perang dunia," pungkasnya.

 

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya